ChatGPT Artikel Paling Populer Sekaligus Ancaman untuk Wikipedia

Selasa, 05 Desember 2023 - 20:48 WIB
loading...
ChatGPT Artikel Paling Populer Sekaligus Ancaman untuk Wikipedia
ChatGPT menjadi artikel paling populer di Wikipedia pada tahun 2023, sekaligus menjadi ancaman bagi kehancuran situs web tersebut. Foto/QZCom
A A A
SAN FRANSISCO - ChatGPT menjadi artikel paling populer di Wikipedia pada tahun 2023, sekaligus menjadi ancaman bagi kehancuran situs web tersebut. Halaman ChatGPT Wikipedia bahasa Inggris mengumpulkan hampir 50 juta pengunjung sepanjang tahun ini sampai 28 November 2023.

Menurut laporan dari lembaga nirlaba Wikipedia , Wikimedia Foundation, ChatGPT lebih populer daripada Taylor Swift dan Barbie. Chatbot AI yang diluncurkan oleh OpenAI yang berbasis di San Francisco pada bulan November 2022 telah mendorong AI generatif ke dalam arus utama.

Menurut OpenAI, ChatGPT mencapai 100 juta pengguna aktif mingguan pada musim gugur ini, dan hampir semua perusahaan Fortune 500 menggunakan platform ini. Namun editor Wikipedia juga khawatir bahwa konten yang dihasilkan AI oleh chatbot seperti ChatGPT dapat mengikis kepercayaan pembacanya dengan membuat konten yang bias atau salah.



Salah satu penulis Wikipedia yang produktif, Barkeep49 yang terkenal dengan artikelnya “Kematian Wikipedia” tentang bahaya AI terhadap situsnya mengatakan kepada New York Times bahwa ChatGPT dapat memaksa Wikipedia untuk jatuh dari jurang dalam empat atau lima tahun ke depan.

Menurut juru bicara Wikimedia Anusha Alikhan, saat ini orang-orang masih mengunjungi Wikipedia dan versi bahasa Inggris dari situs ini telah dilihat sebanyak 84 miliar kali pada tahun ini. ChatGPT, kematian, dan Barbenheimer adalah beberapa topik yang paling banyak dilihat di Wikipedia pada tahun 2023

“Orang-orang mengunjungi Wikipedia untuk mempelajari dunia di sekitarnya. Meskipun kematian adalah topik yang sulit dan kompleks, ini adalah topik yang selalu populer di Wikipedia,” kata Alikhan kepada Quartz melalui email.

Daftar kematian tahunan Wikipedia telah menjadikan situs ini sebagai lima artikel terpopuler setidaknya sejak tahun 2015. Topik kematian populer di Wikipedia dan ditulis lebih dari 265.000 kontributor sukarelawan yang menyusun daftar kematian jurnalis, politisi, penghibur, eksekutif bisnis, dan atlet terkenal di seluruh dunia yang terus diperbarui.



Menurut Wikimedia, daftar kematian pada tahun 2023 adalah halaman yang paling banyak dikunjungi di situs ini tahun ini setelah OpenAI. Topik kemarian menerima rata-rata sekitar 130.000 penayangan setiap hari, dan total hampir 43 juta kunjungan.

Artikel Wikipedia terpopuler tahun 2023 lain adalah halaman tentang Taylor Swift (No. 12), pemain sepak bola Portugal Cristiano Ronaldo (No. 14), dan Elon Musk (No. 19).
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2601 seconds (0.1#10.140)