10 Game dengan Biaya Pembuatan Termahal, Triliun Rupiah Tersedot ke Dunia Digital

Sabtu, 25 November 2023 - 13:00 WIB
loading...
10 Game dengan Biaya Pembuatan Termahal, Triliun Rupiah Tersedot ke Dunia Digital
Game dengan biaya pembuatan termahal di dunia mencapai triliunan rupiah untuk membuatnya. Foto: GTA
A A A
JAKARTA - Industri game telah menjadi ladang investasi yang besar dan menggiurkan bagi para pengembang. Seiring kemajuan teknologi, biaya produksi game pun melonjak, terutama untuk proyek-proyek besar dengan grafis canggih dan fitur inovatif.

Proyek-proyek game dengan biaya produksi termahal tidak hanya mengejutkan dari segi kreativitas dan inovasi, tetapi juga mencerminkan komitmen industri game untuk memberi pengalaman semakin mendalam bagi para pemain.

Biaya yang melonjak ini tidak hanya mencakup pengembangan grafis canggih, tetapi juga investasi, mekanika gameplay inovatif, dan teknologi untuk menciptakan dunia virtual yang autentik dan menarik.

Bagi para pengembang, biaya produksi besar mungkin jadi tantangan, tetapi pada saat yang sama, investasi ini membuka pintu menuju pencapaian yang luar biasa dalam dunia hiburan digital.

Berikut 10 game dengan biaya pembuatan termahal yang mencapai triliunan rupiah:

1. Grand Theft Auto V (GTAV) - Biaya: Rp3 Triliun
10 Game dengan Biaya Pembuatan Termahal, Triliun Rupiah Tersedot ke Dunia Digital

Rockstar Games menciptakan fenomena dengan Grand Theft Auto V (GTAV), sebuah game open-world yang membawa pengalaman gaming ke tingkat baru. Dengan kota Los Santos yang hidup dan grafis yang memukau, GTAV menelan biaya produksi sekitar Rp 3 triliun. Biaya ini sebanding dengan keberhasilan game ini yang menjadi salah satu yang terlaris sepanjang masa.

2. Star Wars: The Old Republic - Biaya: Rp2,5 Triliun
10 Game dengan Biaya Pembuatan Termahal, Triliun Rupiah Tersedot ke Dunia Digital

Sebagai game MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game) yang ambisius, Star Wars: The Old Republic menghadirkan dunia Star Wars dalam skala yang belum pernah terjadi sebelumnya. Biaya pembuatannya mencapai Rp2,5 triliun, membuatnya menjadi salah satu game online dengan biaya produksi tertinggi.

3. Destiny - Biaya: Rp2,1 Triliun
10 Game dengan Biaya Pembuatan Termahal, Triliun Rupiah Tersedot ke Dunia Digital

Bungie, pengembang yang terkenal dengan seri Halo, menciptakan Destiny dengan biaya produksi sekitar Rp 2,1 triliun.
Game ini menawarkan pengalaman bermain first-person shooter yang terhubung secara online dalam dunia futuristik yang epik.

4. Red Dead Redemption 2 - Biaya: Rp2 Triliun
10 Game dengan Biaya Pembuatan Termahal, Triliun Rupiah Tersedot ke Dunia Digital

Rockstar Games kembali mencuri perhatian dengan Red Dead Redemption 2 (RDR2), game open-world yang membawa kita ke era Wild West yang penuh detail dan nuansa. Dengan biaya produksi mencapai Rp2 triliun, RDR2 menyajikan cerita mendalam dan grafis yang memukau.

5. Call of Duty: Modern Warfare 2 - Biaya: Rp1,5 Triliun
10 Game dengan Biaya Pembuatan Termahal, Triliun Rupiah Tersedot ke Dunia Digital

Salah satu seri Call of Duty yang paling diingat, Modern Warfare 2, memiliki biaya produksi sekitar Rp1,5 triliun. Dengan grafis yang memukau dan gameplay yang adiktif, game ini menjadi salah satu yang paling sukses dalam sejarah industri game.

6. Final Fantasy VII Remake - Biaya: Rp1,3 Triliun

Square Enix menghadirkan ulang klasik RPG, Final Fantasy VII, dengan biaya produksi sekitar Rp1,3 triliun. Remake ini tidak hanya memperbaharui grafis, tetapi juga menambahkan elemen gameplay baru dan memperdalam cerita, menjadikannya salah satu proyek pembuatan ulang terbesar dalam sejarah game.

7. Halo 4 - Biaya: Rp1,2 Triliun

Halo 4, yang diproduksi oleh 343 Industries, mengguncang industri game dengan biaya produksi sekitar Rp1,2 triliun. Game ini menandai dimulainya era baru untuk seri Halo, membawa Master Chief ke petualangan yang lebih intens dengan grafis yang memukau.

8. Watch Dogs - Biaya: Rp1 Triliun

Ubisoft menciptakan hype besar dengan Watch Dogs, game open-world yang menawarkan konsep unik kontrol terhadap infrastruktur kota. Biaya pembuatannya mencapai Rp 1 triliun, menunjukkan tingginya ekspektasi industri terhadap game ini.

9. Tomb Raider (2013) - Biaya: Rp900 Miliar

Pembaharuan kisah Lara Croft dalam Tomb Raider (2013) memakan biaya sekitar Rp 900 miliar. Crystal Dynamics berhasil memberikan tampilan yang lebih modern dan cerita yang mendalam, menjadikan game ini sebagai tonggak penting dalam evolusi karakter Lara Croft.


10. The Witcher 3: Wild Hunt - Biaya: Rp850 Miliar

CD Projekt Red menciptakan gem dengan The Witcher 3: Wild Hunt, game open-world yang menarik perhatian global. Dengan biaya produksi sekitar Rp 850 miliar, game ini tidak hanya menghadirkan dunia terbuka yang luas, tetapi juga cerita mendalam dan pilihan moral yang kompleks.

Meskipun biaya produksi yang tinggi seringkali menciptakan tekanan finansial, keberhasilan sebagian besar game ini membuktikan bahwa investasi besar dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

Dengan terus berkembangnya teknologi, dapat diharapkan bahwa biaya pembuatan game akan terus meningkat seiring dengan ambisi pengembang untuk memberikan pengalaman gaming yang semakin mendalam dan memukau bagiparapemain.

MG/Al Ghifari
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1571 seconds (0.1#10.140)