5 Skill Serba Digital Jadi Penunjang Pekerjaan pada 2024

Jum'at, 24 November 2023 - 03:32 WIB
loading...
5 Skill Serba Digital Jadi Penunjang Pekerjaan pada 2024
Teknologi digital berkembang dengan sangat cepat, sehingga para profesional harus sigap dalam menyerap pengetahuan baru. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Merambahnya penggunaan teknologi mutakhir, seperti artificial intelligence, ke semua sektor di 2024 mengharuskan para profesional untuk memperbarui keterampilan, baik hard skill dan soft skill, agar mereka bisa terus mengembangkan dan mengejar kesuksesan karir.



Pemerintah Indonesia menargetkan bahwa tahun depan, terdapat 50 juta orang yang memiliki literasi digital. Literasi mencakup bukan saja kemampuan digital, namun juga pengetahuan atas etika, budaya, dan keamanan digital.

Arvy Egadipoera, Chief Customer Officer Mekari, perusahaan software-as-a-service (SaaS) yang menyediakan solusi dan pelatihan digital, mengatakan bahwa masuknya teknologi mutakhir ke semua sektor akan mempengaruhi pekerjaan di setiap lini.

Sebab itu, para profesional harus mengembangkan kompetensi digital serta soft skills yang diperlukan untuk beradaptasi di dunia kerja yang semakin berorientasi teknologi.

“Para profesional yang berhasil mengembangkan kompetensi digital dan kemampuan lainnya yang membantu mereka beradaptasi ke teknologi akan membuka berbagai peluang untuk menumbuhkan karir mereka. Sebab itu, para profesional harus melihat perkembangan teknologi dengan pikiran terbuka agar mereka terdorong untuk mengeksplorasi dan mempelajari pengetahuan baru,” katanya.

Ia menambahkan bahwa ada lima kompetensi digital dan soft skills yang perlu diasah para profesional yang berambisi untuk mengembangkan karir di 2024.

1. Natural Language Processing (NLP)

Juga dikenal sebagai Pemrosesan Bahasa Alami, NLP adalah kemampuan komputer untuk mengolah kata lisan dan tulis layaknya manusia. NLP banyak digunakan di software AI karena dapat membantu para profesional melakukan berbagai pekerjaan, seperti menyiapkan laporan penjualan dan melayani pelanggan lewat chat.

Karena itu, pemahaman umum akan cara kerja NLP akan membantu para profesional untuk mengoperasikan software AI untuk memperlancar pekerjaan sehari-hari, khususnya yang menyangkut meramu teks.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1732 seconds (0.1#10.140)