Sesat, YouTube Musnahkan 2.500 Saluran Berbahasa China

Jum'at, 07 Agustus 2020 - 12:32 WIB
loading...
Sesat, YouTube Musnahkan 2.500 Saluran Berbahasa China
Pascavirus Corona, Cina telah menghadapi banyak tuduhan tentang menjadi negara yang tidak layak. Foto/Ist
A A A
MOUNTAIN VIEW - Secara mengejutkan, hampir 2.500 saluran YouTube berbahasa Mandarin telah dihapus oleh Google. Alasannya, untuk membersihkan disinformasi atau informasi menyesatkan pada platform berbagi video tersebut. (Baca juga: Google Rilis Fitur Berbagi File 'Nearby Share' )

Saluran yang dihapus pada Q2 (kwartal kedua) tahun ini umumnya memposting konten spam, sesuai laporan oleh Gadgets360. Baru-baru ini, Pemerintah AS juga mempertimbangkan langkah untuk membersihkan App Store dari semua aplikasi China.

Menurut buletin Triwulanan perusahaan, dikatakan bahwa saluran telah dihapus antara April dan Juni 2020 sebagai bagian dari penyelidikan yang sedang berlangsung terhadap operasi pengaruh terkoordinasi terkait China. Namun, laporan tidak menentukan nama saluran dan memberikan beberapa detail lainnya kecuali untuk menautkan video ke aktivitas serupa yang ditemukan oleh Twitter.

Apa yang Terjadi?
Perusahaan analitik media sosial Graphika mengidentifikasi kampanye disinformasi ini pada bulan April. Dan, kanal YouTube yang terlibat dalam aktivitas semacam itu umumnya memposting spam dan konten non-politik. YouTube tidak menentukan saluran dan memberikan sedikit detail lainnya, kecuali untuk menautkan video ke aktivitas serupa yang ditemukan oleh Twitter.

Tetapi hanya sedikit dari mereka yang menyentuh politik menurut Google. Selain itu, Kedutaan Besar China di AS belum menanggapi tindakan ini.

Meskipun ini adalah langkah yang tidak terduga, dapat dimengerti mengingat ketegangan antara Beijing dan Washington meningkat setiap hari. Bahkan Presiden Donald Trump mengancam akan memblokir TikTok di AS jika tidak mematuhi persyaratan pemerintah.

Pascavirus Corona, Cina telah menghadapi banyak tuduhan tentang menjadi negara yang tidak layak dipercaya karena menyembunyikan banyak informasi mengenai pandemik. Selain itu, ketegangan baru-baru ini antara India dan China di perbatasan menyebabkan larangan TikTok dan 59 aplikasi lainnya pada bulan Juni diikuti oleh 47 aplikasi dengan asumsi pencurian data dan alasan keamanan.

Beijing, di sisi lain, terus-menerus membela diri dengan mengatakan tidak menyebarkan disinformasi apa pun. Berita palsu telah menjadi perhatian besar bahkan untuk negara-negara maju seperti AS. Sejak 2016, pemangku kepentingan dan perusahaan telah berusaha semaksimal mungkin untuk menghindari situasi serupa sejak saat itu.

Konon, Google dan Facebook dilaporkan telah mengeluarkan banyak pembaruan untuk memerangi propaganda politik online. Mereka juga bekerja dalam hubungan dengan negara-negara seperti Iran dan Rusia dan mencoba untuk tidak membuka pintu yang salah lagi.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3419 seconds (0.1#10.140)