Dipecat dari OpenAI, Sam Altman Diminta Satya Nadela Kerja di Microsoft

Senin, 20 November 2023 - 17:13 WIB
loading...
Dipecat dari OpenAI, Sam Altman Diminta Satya Nadela Kerja di Microsoft
CEO Microsoft Satya Nadela meminta Sam Altman untuk bekerja di Microsoft. Foto: The Verge
A A A
JAKARTA - Pendiri OpenAI Sam Altman bikin heboh sejak akhir pekan kemarin. Ia mendadak dipecat dari OpenAI, Jumat (17/11) tanpa sebab yang jelas. Tapi, tiba-tiba saja Senin sore (20/11) ini, CEO Microsoft menyebut bahwa Sam Altman resmi memimpin divisi AI milik Microsoft .

Altman dipecat, karena dewan direksi OpenAI mengaku, “sudah tidak percaya lagi dengan kemampuannya untuk terus memimpin OpenAI,”. Mulanya, memang ada negosiasi alot. Sebagian direksi OpenAI minta Altman untuk kemabali lagi jadi CEO.

Tapi, ternyata hal tersebut tidak akan terwujud. Sebab, Altman memutuskan untuk bergabung dengan tim riset AI canggih Microsoft yang baru. Dan ia tidak sendirian, tapi juga bersama Greg Brockman, Presiden dan Co-founder OpenAI.

Hal tersebut diumumkan langsung oleh CEO Microsoft Satya Nadella dalam postingan di X (sebelumnya Twitter). “Kami sangat gembira untuk menyampaikan kabar bahwa Sam Altman dan Greg Brockman, bersama rekan-rekannya, akan bergabung dengan Microsoft untuk memimpin tim peneliti AI tingkat lanjut yang baru,” kata Nadella. “Kami berharap dapat bergerak cepat untuk menyediakan sumber daya yang dibutuhkan untuk kesuksesan mereka.”

Altman sendiri juga melakukan repost cuitan Nadella dengan menambahkan pesan “misi berlanjut”.

Nadella sendiri sangat mengagumi Altman. “Kami telah belajar banyak selama bertahun-tahun tentang cara memberikan ruang bagi para pendiri dan inovator untuk membangun identitas dan budaya independen dalam Microsoft, termasuk GitHub, Mojang Studios, dan LinkedIn, dan saya menantikan Anda melakukan hal yang sama,” cuitnya.

Masuknya Altman ke Microsoft ini seolah-oleh mengejek para direksi OpenAI yang memecatnya dan memintanya kembali.

Sebab, keputusan masuknya Altman ke Microsoft terjadi beberapa jam setelah para direksi OpenAI meminta Altman untuk kembali.

Selanjutnya, para direksi OpenAI disebut sudah memilih Emmett Shear, mantan CEO dan co-founder Twitch, sebagai CEO. Emmett Shear nantinya akan menggantikan Mira Murati, yang menggantikan sementara posisi Altman.

Sementara itu, Altman dan Brockman sama-sama akan memimpin tim riset AI baru di Microsoft. Ini sangat penting, karena Microsoft sendiri sudah mengumumkan akan membuat chip AI sendiri yang bisa digunakan untuk melatih model bahasa dalam skala masif. Ini dilakukan agar Microsoft tidak bergantung pada Nvidia, yang jadi pemasuk chip AI terbesar saat ini.

Meski demikian, hubungan Microsoft dan OpenAI dipastikan akan baik-baik saja terlepas dari drama ini.



Sebab, Microsoft saat ini memiliki investasi yang diperkirakan bernilai lebih dari USD10 miliar di OpenAI. Microsoft adalah rekanan eksklusif untuk OpenAI. Sebab, layanan cloud Microsoft lah yang mentenagai hampir seluruh produk, API, dan riset OpenAI.

“Komitmen kerjasama kami dengan OpenAI tetap sama,”ungkapNadella.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1908 seconds (0.1#10.140)