15 Rekomendasi Smartwatch Terbaik di Tahun 2023, Apa Saja?

Senin, 20 November 2023 - 08:33 WIB
loading...
15 Rekomendasi Smartwatch Terbaik di Tahun 2023, Apa Saja?
Smartwatch adalah jam tangan canggih yang dapat terhubung dengan ponsel. (Foto: Engadget)
A A A
JAKARTA - Beragam smartwatch dengan fitur-fitur unggulan telah hadir di pasaran. Dari sekian perangkat tersebut beberapa di antaranya baru diluncurkan atau sudah lama namun masih layak masuk dalam rekomendasi smartwatch terbaik di tahun 2023.

Secara sederhana, smartwatch adalah jam tangan yang dapat terhubung dengan ponsel dan biasanya dilengkapi dengan layar bawaan serta memiliki kemampuan melacak detak jantung, jumlah langkah, dan fitur-fitur kesehatan lainnya.

Smartwatch juga dibekali fitur pemberitahuan dan asisten digital, sehingga bisa terhubung dengan perangkat rumah pintar dan informasi-informasi dari website lainnya.

Beberapa smartwatch hanya dapat digunakan dengan beberapa jenis ponsel tertentu, sementara lainnya mengambil pendekatan yang sedikit lebih klasik, dengan tampilan jam tangan tradisional dan fitur pelacakan kebugaran pintar di dalamnya.


Berikut rekomendasi smartwatch terbaik di tahun 2023 dirangkum dari berbagai sumber, Senin (20/11/2023).

1.Apple Watch Series 9


Apple Watch telah berkembang menjadi smartwatch paling tangguh sejak diluncurkan pada tahun 2015. Ketika memperkenalkan Apple Watch Series 9 pada bulan September, cara pengguna berinteraksi dengan perangkat tanpa harus menyentuh layar jadi fokus utama. Apple memperkenalkan Double Tap yang didasarkan pada alat aksesibilitas Assistive Touch, memungkinkan pengguna menggunakan gerakan mencubit untuk menavigasi sistem. Jika tidak dapat menggunakan tangan untuk menggeser layar, misalnya, pengguna dapat Double Tap untuk menampilkan Smart Stack atau menolak alarm.

Fitur ini bisa membuat tugas-tugas kecil menjadi lebih mudah, seperti mematikan timer saat memasak atau memulai pelacak latihan saat sudah berlari.

Apple juga membawa pemrosesan Siri ke Series 9, berkat prosesor System-in-Package (SiP) S9 yang baru. Hasilnya, respons menjadi lebih cepat, tetapi, yang lebih penting, dapat menjawab bahkan ketika perangkat sedang offline.

Upgrade terbaru dari seri sebelumnya adalah fitur Find My iPhone baru berkat chip ultra wideband (UWB) generasi kedua, layar yang lebih terang saat siang serta lebih redup pada malam hari, serta antarmuka yang diperbarui melalui watchOS 10.

2. Apple Watch Series 8


Apple Watch Series 8 memiliki desain dan layar ciamik. Smartwatch ini memungkinkan pengguna mengakses semua layanan Apple dan terhubung dengan perangkat Apple lainnya, seperti AirPods.
Apple Watch Series 8 dilengkapi dengan berbagai fitur pelacakan kebugaran, termasuk kemampuan untuk melacak puluhan jenis latihan yang berbeda dan memonitor tidur. Sensor meliputi pemantau detak jantung, sensor EKG, sensor suhu tubuh, sensor oksigen darah, dan lainnya.

Kelemahan Apple Watch Series 8 adalah memerlukan pengisian daya setiap hari dan hanya cocok dengan perangkat Apple. Apple Watch Series 8 hadir dalam dua ukuran - 41mm dan 45mm.


3. Samsung Galaxy Watch6


Samsung Galaxy Watch6 adalah smartwatch terbaik untuk Android. Jam tangan ini menggunakan sistem operasi Wear OS 4, yang merupakan kolaborasi sistem operasi terbaru antara Google dan Samsung. Sistem operasi ini memungkinkan untuk mengakses Google Assistant, mengendalikan perangkat rumah pintar Google Home, dan lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 6.6022 seconds (0.1#10.140)