Waspada, Fitur Baru Instagram Bisa Bocorkan Rahasia Pribadi

Jum'at, 17 November 2023 - 10:02 WIB
loading...
Waspada, Fitur Baru Instagram Bisa Bocorkan Rahasia Pribadi
Pembaruan fitur terbaru Instagram membuat siapa saja yang ada dalam daftar teman dekat seseorang bisa terdeteksi. (Foto: Independent)
A A A
JAKARTA - Pengguna Instagram saling memperingatkan tentang fitur baru yang dapat tanpa sengaja mengungkap rahasia pribadi.

Pembaruan fitur terbaru ini membuat siapa saja yang ada dalam daftar "teman dekat" seseorang bisa terdeteksi. Sebelumnya, informasi itu bersifat rahasia, dan mengetahui siapa saja yang dianggap sebagai teman dekat dapat berpotensi menyebabkan konflik atau masalah lainnya.

Fitur teman dekat Instagram memungkinkan orang memilih teman tertentu yang lebih mereka percayai dan menempatkannya dalam daftar. Pengguna kemudian dapat membagikan cerita hanya kepada teman-teman tersebut, dan cerita itu akan tidak bisa diakses oleh orang lain.

Namun, dalam pembaruan terbaru yang diluncurkan pekan ini, Instagram sekarang memungkinkan orang membagikan kiriman dan reel hanya kepada teman dekat mereka. Cara ini membuka fitur tersebut dari hanya fitur cerita Instagram.



Mekanisme ini berpotensi berbahaya karena kiriman dan reel mencakup emotikon suka dan komentar. Maka, siapapun yang melihat kiriman teman dekat dari seorang teman sekarang dapat mengetahui bahwa siapapun yang menyukai atau mengomentari kiriman tersebut juga termasuk dalam komunitas teman dekat seseorang.

Instagram melihat potensi untuk membuat aplikasi terasa lebih pribadi. Instagram menjelaskan teman dekat sebagai "ruang bebas tekanan untuk terhubung dengan orang yang paling penting".

"Kami berharap ini membuka lebih banyak cara untuk menjadi diri yang paling otentik di Instagram sambil memiliki lebih banyak pilihan tentang siapa yang melihat konten Anda," tulis Instagram dalam pernyataannya yang dilansir Independent, Jumat (17/11/2023).



Hal ini juga telah menyebabkan banyak peringatan dari pengguna TikTok dan lainnya bahwa pengguna harus menyadari bahwa mereka mungkin tanpa sengaja mengorbankan privasi dengan mengunggah kiriman tersebut dan mereka harus menyadari mungkin membuat daftar teman dekat mereka sedikit lebih publik.

Kiriman dan reel teman dekat yang baru dapat digunakan dengan cara membagikan kiriman seperti biasa, dan kemudian mengklik tombol "audience" dan memilih "teman dekat". Kiriman tersebut kemudian hanya akan ditampilkan kepada orang-orang dalam daftar teman dekat tersebut dan akan diberi label dengan ikon bintang hijau untuk membuatnya jelas.

Daftar teman dekat sama untuk cerita, kiriman, dan reel. Ini dapat diedit dengan mengklik profil Anda sendiri, memilih tiga garis di kanan atas, dan kemudian memilih opsi "teman dekat".
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2612 seconds (0.1#10.140)