5 Teknologi Buatan Zionis Israel yang Mendunia, Wajib Tahu!

Senin, 13 November 2023 - 08:51 WIB
loading...
5 Teknologi Buatan Zionis Israel yang Mendunia, Wajib Tahu!
Waze merupakan salah satu aplikasi kebanggan Israel yang kemudian dibeli oleh Google. Foto: Google
A A A
TEL AVIV - Seruan boikot terhadap produk Israel belakangan menggema, tidak hanya di Indonesia tapi juga di berbagai belahan dunia sejak Israel melakukan agresi militer di wilayah Gaza, Palestina.

Selain memiliki berbagai produk Food & Beverages (F&B), Israel juga dikenal memiliki banyak temuan di bidang teknologi yang di adopsi oleh masyarakat dunia. Sebab, Israel sendiri memang terkenal sebagai negara start-up, negara yang terdepan dalam penemuan dan inovasi teknologi.

Cukup banyak penemuan Israel telah mengubah dunia dan teknologi baru bermunculan di negara ini setiap saat.

Berikut adalah 5 inovasi terbesar Israel:

1. Kubah Besi (Iron Dome)
5 Teknologi Buatan Zionis Israel yang Mendunia, Wajib Tahu!

Rudal dan pencegat roket Iron Dome dikembangkan pada 2007 dan merupakan satu-satunya senjata yang tidak dimiliki negara lain. Teknologi ini terpilih sebagai inovasi Israel yang paling berpengaruh. Iron Dome dikembangkan oleh sejumlah perusahaan berbeda. Sejauh ini, Iron Dome telah mencegat dan menjatuhkan lebih dari ribuan roket dan rudal yang ditembakkan ke Israel dari berbagai wilayah. Tingkat keberhasilan Iron Dome mencapai 90%.

2. Stik USB
5 Teknologi Buatan Zionis Israel yang Mendunia, Wajib Tahu!

Disk-On Key yang asli dibuat oleh M-Systems, sebuah perusahaan yang didirikan oleh tiga orang Israel. Dov Moran merancang perangkat sebenarnya pada 1989 tetapi baru diluncurkan pada 2000.

Sejak itu, perangkat ini telah menjadi alat sehari-hari bagi jutaan orang di seluruh dunia. Pada 2005, PC World menobatkan stik USB sebagai salah satu dari 10 gadget terbaik dunia dalam lima puluh tahun terakhir. Pada akhirnya M-Systems dibeli oleh perusahaan AS SanDisk pada 2006 dengan harga USD1,6 miliar.

3. Firewall
5 Teknologi Buatan Zionis Israel yang Mendunia, Wajib Tahu!

Pada 1993, Checkpoint Software Technologies didirikan di sebuah flat kecil di Ramat Gan oleh Gil Shwed yang berusia 25 tahun dan dua temannya. Dia ingin mengembangkan cara untuk melindungi informasi dan hal ini akhirnya menghasilkan produk pertama perusahaan, Firewall-1.

Gil Shwed mendapat ide untuk produk tersebut dari dinas militernya di Unit 8200 IDF di mana dia bekerja mengamankan jaringan informasi rahasia. Saat ini perusahaan ini merupakan salah satu penyedia solusi keamanan TI terkemuka di dunia, dengan lebih dari 100.000 pelanggan dan 2.300 karyawan di seluruh dunia.

4. PillCam
5 Teknologi Buatan Zionis Israel yang Mendunia, Wajib Tahu!

Perusahaan Given Imaging didirikan pada 1998 oleh Gabriel Meron dan merevolusi dunia diagnosis gastrointestinal. Perusahaan ini mengembangkan kamera mini, seukuran pil kecil, untuk memvisualisasikan dan mendeteksi kelainan.

Pasien hanya perlu menelan pil dan kamera mengirimkan data ke komputer dan gambar bagian dalam pasien. Tentu saja kameranya didesain sedemikian rupa agar bodinya tidak rusak. Jutaan orang telah mendapatkan manfaat dari PillCam dan dijual ke Covidien seharga USD860 juta pada 2013.


5. Waze
5 Teknologi Buatan Zionis Israel yang Mendunia, Wajib Tahu!

Bila Anda rutin menggunakan Waze dibandingkan Google Maps, maka harus diketahui bahwa Waze adalah aplikasi navigasi buatan Israel. Waze adalah aplikasi navigasi ponsel pintar yang kini digunakan oleh lebih dari 50 juta orang di seluruh dunia.

Perusahaan ini didirikan pada 2007 dan kemudian dibeli oleh Google dengan harga USD1,1 miliar pada 2013. Aplikasi ini memanfaatkan data dari pengguna dan telepon mereka untuk memberikan pembaruan lalu lintas secara real-time dan membantu orang menghindarikemacetan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2075 seconds (0.1#10.140)