Smartphone Tecno, Infinix, dan Apple, Catat Pertumbuhan Tercepat di Asia Tenggara

Minggu, 12 November 2023 - 19:37 WIB
loading...
Smartphone Tecno, Infinix, dan Apple, Catat Pertumbuhan Tercepat di Asia Tenggara
Pengiriman smartphone di Asia Tenggara (SEA) turun 2% (tahun ke tahun) namun meningkat 3% per kuartal di Q3, menandakan pemulihan permintaan ponsel pintar. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pengiriman smartphone di Asia Tenggara (SEA) turun 2% (tahun ke tahun/YoY) namun meningkat 3% per kuartal di Q3, menandakan pemulihan permintaan ponsel pintar. Tecno, Infinix, dan Apple muncul sebagai smartphone dengan pertumbuhan tercepat selama kuartal tersebut.

Menurut Counterpoint Research, pengiriman Apple meningkat sebesar 19% YoY selama kuartal tersebut. Apple masih memiliki permintaan yang kuat untuk seri iPhone 13 dan 14, menambah permintaan untuk seri 15 yang baru diluncurkan.

Sedangkan Samsung memimpin pasar dengan pangsa 21%, diikuti oleh Xiaomi (17%) dan OPPO (15%). Smartphone 5G mencakup 36% dari keseluruhan pengiriman di wilayah ini.



“SEA tetap menjadi pasar yang penting bagi ekosistem teknologi karena rendahnya penetrasi di banyak bidang, seperti perbankan online, penggunaan dompet elektronik, belanja online, dan penggunaan internet secara keseluruhan,” keterangan Counterpoint Research dikutip dari laman economictimes, Minggu (12/11/2023).

Indonesia dan Thailand mengalami pertumbuhan yang stabil dalam pengiriman smartphone. Sementara negara-negara utama di Asia Tenggara lainnya seperti Filipina, Malaysia, dan Vietnam mengalami penurunan (YoY).

Pengiriman Xiaomi tumbuh 7%. Seri Redmi 12-nya telah berkinerja cukup baik di semua negara utama di Asia Tenggara. Transsion menyaksikan pertumbuhan tertinggi selama kuartal tersebut.

Infinix tumbuh 42% YoY, Tecno 148% dan itel mengalami pertumbuhan 17%. Infinix dan Tecno menawarkan spesifikasi dasar yang kuat serta portofolio model yang bervariasi.



“Samsung dan Xiaomi mampu memasarkan dengan cara yang jauh lebih baik di seluruh negara utama di Asia Tenggara. Sekaligus mempertahankan peluncuran baru di berbagai rentang harga, dibandingkan dengan pilihan terbatas dari merek seperti OPPO dan Vivo,” kata analis senior Glen Cardoza.
(wib)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4216 seconds (0.1#10.140)