Terlanjur Instal Aplikasi Pencuri SMS Berbentuk Undangan Nikah atau Surat Tilang, Apa Solusinya?

Rabu, 08 November 2023 - 23:20 WIB
loading...
Terlanjur Instal Aplikasi Pencuri SMS Berbentuk Undangan Nikah atau Surat Tilang, Apa Solusinya?
Aplikasi pencuri SMS dan data pribadi bisa berbentuk undangan nikah hingga surat tilang. Foto: Business Insider
A A A
JAKARTA - Penjahat siber semakin kreatif menjalankan aksinya. Yakni, untuk bisa masuk ke dalam HP korban dan mendapatkan data-data pribadi yang tujuannya menguras rekening atau mengambil uang.

Salah satu cara terpopuler adalah dengan mengirimkan aplikasi APK berbentuk Kurir Online, Undangan Pernikahan, Surat Tilang hingga Tagihan Pajak. Targetnya, memanfaatkan orang-orang awam atau gaptek yang asal klik.

Nah, jika sudah terlanjur klik dan instal, apa yang harus dilakukan?

Pakar keamanan siber Alfons Tanujaya mengatakan, jika institusi keuangan / bank yang Anda gunakan tidak mewajibkan verifikasi tambahan setiap kali akun berganti ponsel atau nomor telepon, kemungkinan besar akun Anda sudah berhasil dieksploitasi.

”Karena itu sangat penting bagi Anda untuk memastikan kalau layanan keuangan digital yang digunakan mewajibkan adanya verifikasi tambahan seperti mengunjungi CS untuk tatap muka, mengunjungi ATM dan mendapatkan kode / PIN untuk berganti ponsel atau misalnya verifikasi lainnya seperti verifikasi wajah atau telepon langsung dari call center,” katanya.

Untuk memastikan di ponsel Android tidak ada aplikasi pencuri SMS, pengguna bisa melakukan pengecekan mandiri. Berikut caranya:

1. Klik roda gigi untuk masuk ke [Pengaturan]
2. Klik Manajer izin
3. Klik SMS, dan periksa ada aplikasi apa saja yang memiliki hak iuntuk mengirim dan menampilkan pesan SMS.

Pencegahan dan mitigasi

Menurut Alfons, pengembang Android sebenarnya berusaha menjaga dengan baik penggunanya dan aplikasi pencuri SMS ini tidak bisa diinstal dari Play Store, toko aplikasi resmi Android.

Aplikasi pencuri SMS ini hanya bisa diinstal dari luar Play Store dan setiap kali pengguna menginstal aplikasi dari luar Play Store akan muncul peringatan kepada penggunanya.

“Karena itu, sangat penting bagi anda untuk menonaktifkan fitur ini dengan cara klik gambar roda gigi di pojok kanan atas ponsel,” ungkap Alfons.



Nah, berikut cara mencegah Anda asal instal aplikasi tidak dikenal dari WhatsApp:

1. Pilih [Pengaturan]
2. Ketuk [Instal aplikasi yang tidak dikenal] atau dalam menu bahasa Inggris [Settings] [Install unknown apps].
3. Tidak boleh ada aplikasi yang diizinkan menginstal aplikasi tidak dikenal atau dari luar Play Store. Terutama untuk aplikasi yang sering digunakan seperti WhatsApp, Chrome, SMS, Telegram, Zoomdanlainnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2622 seconds (0.1#10.140)