Selain Keamanan Siber, Ini Tantangan Transformasi Digital di Indonesia

Selasa, 24 Oktober 2023 - 16:05 WIB
loading...
Selain Keamanan Siber, Ini Tantangan Transformasi Digital di Indonesia
Seminar Tantangan dan Potensi Akselarasi Transformasi Digital di Indonesia. (Foto: Ist)
A A A
JAKARTA - Transformasi digital kini menjadi hal utama yang harus dilakukan oleh individu, organisasi maupun negara guna menghadapi pesatnya perkembangan teknologi. Di satu sisi, perkembangan teknologi menawarkan beragam kemudahan namun di sisi lain menghadirkan sejumlah tantangan.

Indonesia bukanlah pengecualian dari keadaan tersebut. Pemerintah secara sadar mendorong percepatan transformasi digital, mulai dari sektor industri, pendidikan, hingga pemerintahan. Tidak dapat dihindari, tentu ada tantangan dalam proses tersebut. Namun, Indonesia juga memiliki banyak potensi dan peluang guna memastikan teknologi digital betul-betul berguna bagi hajat hidup orang banyak.

Seminar “Tantangan dan Potensi Akselarasi Transformasi Digital di Indonesia” yang digelar pada Selasa (24/10) membahas seperti apa tantangan dan peluang yang dihadapi oleh Indonesia dalam proses transformasi digital, serta bagaimana sebaiknya Indonesia mendorong akselarasi transformasi digital berjalan dengan baik. Seminar ini merupakan kerja sama antara lembaga riset Laboratorium Indonesia 2045 (LAB 45) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sriwijaya.

Seminar dibuka oleh Prof. Dr. Alfitri, M.Si (Dekan FISIP UNSRI) dan sebagai pembicara dihadiri oleh Christian Guntur Lebang (Analis Utama Politik Keamanan LAB 45), Sulistyo (Deputi Bidang Keamanan Siber dan Sandi Pemerintahan dan Pembangunan Manusia BSSN), H. Azhar (Wakil Dekan Bidang Akademik FISIP UNSRI), serta dimoderatori oleh Abdul Halim (Dosen Hubungan Internasional UNSRI).



Christian Guntur Lebang, Analis Utama Politik Keamanan LAB 45, menjelaskan mengenai riset yang dilakukan oleh LAB 45 terkait transformasi digital dan temuannya bahwa permasalahan infrastruktur digital dan akses internet masih menjadi permasalahan utama dalam proses transformasi digital di Indonesia.

Hal ini ditemukan dalam sejumlah indeks internasional yang mengukur proses transformasi digital di berbagai negara. Posisi Indonesia cenderung berada di tengah-tengah, meskipun terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Permasalahan lain yang dihadapi Indonesia adalah isu sumber daya manusia, termasuk isu talenta digital yang dibutuhkan bagi sektor ekonomi digital hingga birokrasi, serta terkait tingkat literasi digital pada masyarakat umum.

Sementara itu, Deputi Bidang Keamanan Siber dan Sandi Pemerintahan dan Pembangunan Manusia BSSN Sulistyo menekankan bahwa transformasi digital di Indonesia memiliki tantangan keamanan siber yang belum optimal, akibat buramnya batasan ruang siber yang bisa dimanfaatkan oleh aktor-aktor ancaman.

Salah satu ancaman yang nyata di Indonesia adalah terkait perlindungan data pribadi serta maraknya kebocoran data, terutama di tengah perkembangan teknologi yang terus menerus membutuhkan data yang seringkali tanpa pengawasan yang layak dari otoritas yang berkuasa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4037 seconds (0.1#10.140)