Jangan Asal Beli! Pahami Perbedaan TWS, Earbuds dan Earphone

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 17:07 WIB
loading...
Jangan Asal Beli! Pahami Perbedaan TWS, Earbuds dan Earphone
Earphone, TWS dan earbuds merupakan perangkat audio yang digunakan untuk mendengarkan musik. (Foto: MNC)
A A A
JAKARTA - Inilah perbedaan TWS, earbuds dan earphone yang harus kamu ketahui. Tentunya, agar bisa menikmati kualitas audio yang optimal.

Layaknya earphone yang lebih dulu ada, TWS dan earbuds merupakan jenis perangkat audio yang biasa digunakan untuk mendengarkan musik. Istilah ini mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan millenial dan gen Z yang sangat melek dengan perkembangan teknologi.

Meski begitu, masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaan antara TWS dan earbuds. Beberapa dari mereka bahkan tidak mau ambil pusing dan menganggap bahwa kedua benda tersebut sama saja.

TWS dan earbuds memiliki bentuk yang mirip. Keduanya juga sama-sama berfungsi sebagai alat untuk mendengarkan suara. Namun sejatinya, TWS dan earbuds ternyata memiliki perbedaan tipis yang jarang diketahui orang. Berikut penjelasannya.

Perbedaan TWS, Earbuds dan Earphone

Apa Itu TWS?

True Wireless Stereo (TWS) adalah perangkat yang dirancang dengan teknologi modern sehingga mampu mengeluarkan suara stereo tanpa bantuan kabel (nirkabel). TWS hanya membutuhkan koneksi Bluetooth untuk mengirim suara ke penggunanya. Dengan fitur Bluetooth, TWS dapat terhubung langsung ke berbagai perangkat keras, seperti laptop, smartphone, tablet, dan lain sebagainya.

TWS pertama kali dirilis pada 2015 bersamaan dengan munculnya teknologi Bluetooth 5.0 yang dapat menghubungkan gelombang suara dari smartphone atau laptop ke perangkat audio dengan minim delay dan kualitas suara yang terdengar lebih nyata.

Apa Itu Earbuds?

Masih satu keluarga dengan earphone, earbuds adalah perangkat audio kekinian yang dirancang untuk muat ke dalam lubang telinga. Bentuk desain earbuds yang sangat pas membuat alat ini tidak mudah lepas ketika sudah dipasang.

Pada awalnya, earbuds masih memakai kabel untuk mengirim suara. Seiring dengan perkembangan teknologi, earbuds mulai dibuat sebagai perangkat nirkabel (wireless) yang lebih canggih seperti TWS.
Jika digunakan dalam waktu yang lama, earbuds dapat membuat telinga sakit, karena bodi plastiknya langsung bersentuhan dengan kulit. Namun, sebagian besar earbuds sekarang sudah cukup aman dan tidak lagi menimbulkan rasa tidak nyaman.

Apa Itu Earphone?

Earphone adalah cikal bakal dari TWS dan earbuds. Ciri utama earbuds adalah masih menggunakan kabel. Sebagian earphone mendapat tambahan volume control. Dan harganya relatif lebih murah dari kedua TWS dan earphone. Itulah perbedaan TWS, earbuds dan earphone yang haru kamu ketahui.

Disc. Up to 73%

Dapatkan diskon hingga 73% untuk pembelian produk TWS, earbuds dan eraphone di AladinMall . Nikmati juga fasilitas Gratis Ongkir dan promo belanja hemat lainnya dengan men-download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store .
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2960 seconds (0.1#10.140)