Cegah Pembajakan, WhatsApp Passkey Kini Bisa Deteksi Wajah dan Sidik Jari

Selasa, 17 Oktober 2023 - 06:44 WIB
loading...
Cegah Pembajakan, WhatsApp Passkey Kini Bisa Deteksi Wajah dan Sidik Jari
WhatsApp kini makin melengkapi sistem pengamanan yang ada di WhatsApp Passkey. Foto: The Verge
A A A
JAKARTA - WhatsApp kembali membuat terobosan baru dalam melindungi penggunanya dari tindakan yang merugikan. Kini WhatsApp Passkey bisa mendeteksi wajah dan sidik jari.

Sistem proteksi yang diberikan oleh WhatsApp semakin berlapis. Kini aplikasi pesan instan tersebut berupaya memproteksi pengguna dengan memberikan opsi pengamanan baru di fitur WhatsApp Passkey yakni deteksi wajah dan sidik jari.

Dilaporkan The Verge, Selasa (17/10) ini penambahan opsi pengamanan baru itu melengkapi cara yang sudah ada sebelunnya yakni penggunaan PIN.

"Passkey sebelumnya sudah diuji di WhatsAppa beta, hanya saja sekarang sudah bisa digunakan oleh pengguna WhatsApp dengan platform Android.Diperkirakan seminggu atau sebulan lagi metoda pengamanan ini bisa didapat," sebut The Verge.

Sementara dalam akun X milik mereka, WhatsApp menyebutkan bahwa penggunaan metoda baru Passkey itu memang akan membuat pengguna merasa lebih cepat dan praktis. Mereka tidak perlu repot lagi memasukkan pin atau kode rahasia ketika membuka WhatsApp.

"Keamanan lebih baik dan lebih cepat untuk berkomunikasi dengan nyaman dan aman," tulis mereka.

Sayangnya WhatsApp tidak menyebutkan apakah fitur yang sama juga akan diberikan kepada pengguna iPhone.

The Verge melanjutkan metoda baru tersebut diyakini juga akan menghindarkan pengguna WhatsApp dari praktik phissing seperti pencurian data atau pembajakan. Saat ini faktanya jumlah peristiwa pencurian data dan pembajakan akun WhatsApp memang kerap ditemukan.



Hal itu terjadi karena memang sistem pengamanan yang diberikan WhatsApp memang mudah dibobol. Pembajak bisa membaca kata sandi atau PIN yang telah dipasang oleh pengguna WhatsApp.

"Memang ini bukan berarti lebih dari dua miliar pegguna WhatsApp langsung terlindungi seluruhnya. Hanya saja itu bisa membantu semuanya lebih mudah dan aman," terangTheVerge.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1832 seconds (0.1#10.140)