Sony Hadirkan Controller PS5 untuk Disabilitas

Minggu, 15 Oktober 2023 - 18:48 WIB
loading...
Sony Hadirkan Controller PS5 untuk Disabilitas
Controller PS5 untuk Disabilitas. FOTO/ CNET
A A A
TOKYO - Sony akhirnya menghadirkan controller PlayStation (PS) 5 yang dirancang khusus untuk disabilitas. Ini sudah tersedia untuk sesi pre-order dan akan dirilis pada 6 Desember mendatang.



Melansir CNET, Minggu (15/10/2023), controller tersebut memiliki tombol dan penutup stick yang besar dan dapat ditukar. Pengguna juga bisa mengonfigurasi tata letak tombol sesuai kebutuhan mereka.

Selain bisa dikostumisasi sesuai kebutuhan, controller juga dapat diletakkan rata di atas meja atau baki pada kursi roda. Dengan begitu pengguna bisa lebih mudah untuk menggunakannya.

Controller memiliki bentuk lingkaran dan dilengkapi tombol di sepanjang tepinya, serta joystick yang menonjol keluar dari samping. Sony mengklaim controllernya dapat dimainkan pada posisi 360 derajat.

Ia juga memiliki empat port ekspansi sehingga pemain dapat memasang pengontrol atau aksesori tambahan. Dan semua desain ini dikerjakan oleh konsultan aksesibilitas khusus.

Alvin Daniel, manajer program teknis senior di Sony Interactive Entertainment, mengatakan memiliki game dan konsol tidaklah cukup jika controllernya tidak dapat diakses oleh semua pengguna.

Berangkat dari situ, Daniel menyebut pihaknya mulai mengembangkan controller khusus untuk mendorong batasan-batasan yang ada.

"PlayStation Studios kami telah melakukan pekerjaan luar biasa dengan setiap judulnya dan benar-benar mendorong batas-batas dalam hal game yang dapat diakses. Hubungan penting dalam rantai itu adalah pengontrolnya," kata Daniel.

Controller PS5 khusus disabilitas dijual seharga seharga USD90 atau setara Rp1,4 jutaan. Ini USD20 atau Rp300 ribu lebih mahal daripada pengontrol nirkabel DualSens.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1234 seconds (0.1#10.140)