5 Teknologi Buatan Israel yang Tanpa Sadar Kita Gunakan Sehari-hari

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 15:00 WIB
loading...
5 Teknologi Buatan Israel yang Tanpa Sadar Kita Gunakan Sehari-hari
USB flash drive teknologinya berasal dari Israel. (Foto: Israelfortourists)
A A A
JAKARTA - Israel mengembangkan banyak teknologi yang digunakan di dunia. Bahkan tanpa menyadarinya, sejumlah produk teknologi tersebut kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut beberapa teknologi buatan Israel dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (12/10/2023).

1. USB Flash Drive

Pada 1989, Dov Moran yang merupakan seorang pengusaha, penemu, dan investor Israel mendirikan perusahaan M-Systems. Perusahaan ini menjadi pionir dalam pasar penyimpanan data flash serta menciptakan USB flash drive (Disk on Key), flash disk (Disk on Chip), hingga perangkat penyimpanan data flash lainnya. Pada 2006, M-Systems dibeli oleh perusahaan Amerika Serikat.

Baca Juga: Presiden Iran Resmi Haramkan Semua Teknologi Israel

2. Panduan Mengemudi

Panduan mengemudi Waze adalah aplikasi GPS yang digunakan orang untuk memandu perjalanan. Bermula dari proyek komunitas database pemetaan gratis pada 2006 di Tel Aviv, beberapa pengusaha Israel kemudian mengomersialkan database tersebut guna membantu pengemudi mempersingkat waktu perjalanan keliling Israel. Pada 2013, Waze dibeli oleh Google dan digunakan di seluruh dunia.

3. Layanan Pesan Instan

Pionir layanan pesan instan di dunia, ICQ, dikembangkan pada 1996 oleh perusahaan Israel di Tel Aviv, Mirabilis. ICQ menjadi pesaing kuat bagi AOL (America Online), perusahaan Amerika Serikat, yang mengembangkan layanan pesan instan AIM pada 1997. Pada 1998, ICQ diakuisisi oleh AOL. Dalam waktu tiga tahun, AOL mampu meningkatkan basis pengguna ICQ hingga lebih dari 100 juta pengguna terdaftar.

4. Teknologi Mengemudi Aman

Teknologi mengemudi aman Mobileye dikembangkan oleh profesor asal Israel, Amnon Shashua pada 1999. Ia meneliti tentang sistem penglihatan monokuler yang kemudian dikembangkan menjadi sistem penglihatan untuk mendeteksi kendaraan hanya dengan menggunakan kamera dan algoritma perangkat lunak pada prosesor. Pada 2017, Intel membeli Mobileye. Dengan memasang Mobileye di mobil, pengendara mendapatkan informasi saat berkendara, misalnya agar terhindar dari benturan dengan kendaraan atau objek lain.


5. PillCam

Salah satu teknologi buatan Israel adalah PillCam. PillCam merupakan kamera video yang ditelan seperti vitamin. Cara kerjanya, PillCam berjalan melalui saluran pencernaan, mengirimkan gambar kepada dokter.

Given Imaging, perusahaan Israel yang mengkomersilkan PillCam ini diakuisisi oleh perusahaan Irlandia, Covidien pada 2013. PillCam memungkinkan dokter untuk mendeteksi kelainan, memantau penyakit.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2069 seconds (0.1#10.140)