Kejahatan Siber Semakin Canggih, Teknologi Keamanan Data Akan Berbasis AI

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 01:37 WIB
loading...
Kejahatan Siber Semakin Canggih, Teknologi Keamanan Data Akan Berbasis AI
Teknologi keamanan data akan berbasis AI. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Untuk memastikan para pemilik bisnis mengetahui perkembangan terkini dari industri keamanan, terutama yang berkaitan dengan teknologi AI (artificial intelligence).



SECOM Indonesia menggelar seminar SECOM Solution Day 2023 yang bertema AI Technology and Its Impact on Securing Your Business di JS Luwansa Hotel, Jakarta, pada bulan September ini.

Fokus pembahasan dalam seminar ini adalah teknologi AI dan dampak transformatifnya terhadap keamanan bisnis. SECOM Indonesia menyadari bahwa perkembangan teknologi yang semakin canggih dan cerdas akan membuat tantangan keamanan yang dihadapi oleh sektor bisnis akan terus berubah.

Salah satu bentuk tantangan tersebut disebutkan dalam sebuah studi berjudul Artificial Intelligence and National Security yang diadakan pada 2017 di Belfer Center Study, AS. Studi ini menyebutkan bahwa teknologi AI yang semakin canggih dapat menyebabkan pemalsuan audio dan video terjadi dengan lebih cepat, mudah, dan murah di masa depan. Pemalsuan ini diprediksi akan menyebabkan banyak data dan informasi diragukan kebenarannya.

“ SECOM Solution Day 2023 diadakan untuk berbagi informasi dan menambah wawasan para pemilik bisnis mengenai solusi keamanan menyeluruh yang berbasis teknologi AI, dan bagaimana mereka bisa memanfaatkan solusi keamanan terkini ini untuk melindungi bisnis mereka dari berbagai ancaman dan potensi kejahatan.” tutur Teruo Inami selaku Presiden Direktur SECOM Indonesia

Perkembangan teknologi AI yang pesat dan pengaruhnya kepada keamanan mendapat perhatian serius dari para ahli di bidang keamanan. Disebutkan bahwa teknologi AI dapat membuat industri keamanan melakukan transformasi berbagai layanannya dengan inovasi terkini yang melibatkan teknologi AI. Kondisi ini tak hanya berlaku pada keamanan siber, tapi juga layanan dan produk keamanan secara keseluruhan.

Tantangan yang harus diperhatikan adalah menemukan cara yang efektif dalam menerapkan teknologi AI pada berbagai bentuk layanan dan produk keamanan agar dapat memberi solusi terbaik sesuai dengan kebutuhan pemilik bisnis.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah teknologi AI juga membuat praktik kriminalitas ikut berkembang dan menjadi lebih canggih, sehingga diperlukan antisipasi yang tepat dari penyedia layanan dan produk keamanan untuk mengatasinya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1470 seconds (0.1#10.140)