ChatGPT Bisa Baca Kalori Makanan Hanya dengan Unggah Foto, Cocok untuk yang Lagi Diet

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 09:04 WIB
loading...
ChatGPT Bisa Baca Kalori Makanan Hanya dengan Unggah Foto, Cocok untuk yang Lagi Diet
Menggunakan ChatGPT, pengguna bisa mengetahui jumlah kalori dalam makanan yang akan disantap. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Aplikasi kecerdasan buatan ChatGPT dapat meringankan pekerjaan manusia. Kini, aplikasi tersebut juga bisa membantu seseorang hidup lebih sehat dengan membaca kalori makanan hanya dengan mengunggah foto.

Hal tersebut disampaikan Ibrahim Arief , seorang staf di GovTech Edu, dalam akunnya di X (Twitter). Ia mengunggah foto yang berisikan kalori dari setiap makanan yang akan disantapnya.

Terlihat ia mengunggah satu porsi steak, lengkap dengan kentang goreng, sayuran, dan saus. Meski tidak dimasukkan keterangan mengenai apa yang akan dimakan, tapi ChatGPT mampu membaca dengan tepat apa saja yang tersaji dalam piring tersebut.

Disebutkan ChatGPT pada piring tersebut terdapat steak panggang dengan porsi 200 gram, kentang goreng 100 gram, creamy sauce 2 sendok makan, buncis 100 gram, tomat chery 1 buah, sayuran lain porsi kecil, dan sebuah minuman 300 mililiter.

Menariknya, saat dilakukan pengecekan melalui pemesanan makanan secara online, Ibrahim melihat menu yang sama menggunakan daging Prime Sirloin sebesar 200 gram. Ini membuktikan bahwa ChatGPT memang memperhitungkannya dengan sangat teliti.

ChatGPT Bisa Baca Kalori Makanan Hanya dengan Unggah Foto, Cocok untuk yang Lagi Diet

“Artikel blognya bilangnya itu Australian Sirloin, dan aku cek restonya benar porsi menunya 200 gram,” kata Ibrahim dalam unggahannya sambil memperlihatkan menu yang sama seperti yang dimakan olehnya pada pemesanan online.

Sementara pada kolom kalori disebutkan bahwa steak panggang memiliki kalori sebesar 500 kcal, kentang goreng 365 kcal, creamy sauce 100 kcal, buncis 31 kcal, tomat chery 3 kcal, sayuran lain 20 kcal, dan minuman 150 kcal, dengan total kalori mencpai 1.169 kcal.

Namun, untuk melihat perhitungan kalori ini, Ibrahim mengatakan bahwa ini bisa dilakukan pada ChatGPT versi terbaru yang berbayar. Ini juga baru akan diluncurkan ke pengguna secara luas dalam beberapa pekan ke depan.



“Untuk aksesnya, setahuku hanya tersedia di GPT-4 yang berbayar/premium subscription, dan itu juga gradual rollout globally. Dengar-dengar seharusnya dalam beberapa minggu lagi sudah rolled out ke semua users,” ujarnya.

ChatGPT memang kerap digunakan untuk membantu seseorang dalam melakukan diet untuk menjaga pola hidup sehat. Pengguna hanya perlu memasukkan tujuan dietnya dan memberi informasi mengenai tinggi, berat badan, komposisi tubuh, aktivitas harian, dan persyaratan atau batasan diet, yang nantinya ChatGPT akan memberirekomendasinya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2869 seconds (0.1#10.140)