Mirip Manusia, ChatGPT Kini Bisa Melihat, Mendengar dan Berbicara

Selasa, 26 September 2023 - 14:00 WIB
loading...
Mirip Manusia, ChatGPT Kini Bisa Melihat, Mendengar dan Berbicara
Kemampuan mendengar, berbicara, dan melihat yang dibuat oleh OpenAI hanya bisa ditemukan di layanan premium ChatGPT Plus. Foto/Hans India
A A A
JAKARTA - ChatGPT, robot percakapan buatan OpenAI, semakin canggih lantaran sudah mampu mendengar, berbicara, dan melihat.

Dengan demikian, pengguna kini tidak perlu lagi terpaku dengan cara menuliskan perintah melalui teks tapi bisa juga melalui suara dan gambar.

"Suara dan gambar akan memberikan cara yang lebih interaktif kepada pengguna ChatGPT," tulis keterangan resmi OpenAI dalam blog resmi yang dikutip Selasa (26/9/2023).



OpenAI mendemonstrasikan kemampuan baru ChatGPT melalui video pendek yang diunggah di platform sosial media X. Dalam video itu terlihat pengguna ChatGPT menanyakan caranya mengatur ketinggian jok sepeda dengan menggunakan foto dan gambar. Hasilnya, ChatGPT mampu menunjukkan beberapa bagian dalam foto yang diperlukan untuk mengatur ketinggian jok sepeda.

Dengan kemampuan semacam ini, tugas mengerjakan PR matematika anak cukup dilakukan dengan cara memfotonya saja dan menjadikannya petunjuk bagi ChatGBT, untuk mendapatkan jawaban.



Dari aspek suara, kemampuan ChatGBT bisa membantu membacakan dongeng untuk anak sebelum tidur. "Kami berkolaborasi dengan ahli suara untuk menyediakan delapan tipe suara," tulis OpenAI.

Namun, fitur-fitur canggih tersebut tidak gratis. Fitur-fitur terbaru itu hanya bisa didapat di fitur premium ChatGPT Plus.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2489 seconds (0.1#10.140)