Keren, Vinilon Bikin Aplikasi Pengontrol Meteran Air Evo Voda

Sabtu, 16 September 2023 - 08:35 WIB
loading...
Keren, Vinilon Bikin Aplikasi Pengontrol Meteran Air Evo Voda
Vinilon meramaikan Mining Indonesia 2023 dengan berbagai teknologi terkini. Foto/MPI-Wahyu Sibarani.
A A A
JAKARTA - PT Rusli Vinilon Sakti, produsen pipa Vinilon menghadirkan berbagai teknologi canggih di ajang Mining Indonesia 2023 yang berlangsung pekan ini. Salah satu yang paling menarik adalah layanan Internet of Thing (IoT) bernama Evo Voda. Layanan tersebut memungkinkan pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) mengontrol dan mengatur biaya yang penggunaan distribusi air.

Novean Husni, Product Manager PT Rusli Vinilon Sakti, mengatakan Evo Voda adalah meter air yang bisa membaca secara otomatis distribusi air yang dimiliki konsumen. Lewat layanan itu PDAM dan pelanggan akan mendapatkan banyak manfaat.

"Lewat Evo Voda PDAM tidak perlu khawatir lagi dengan proses pencatatan. Mereka tidak perlu datang ke rumah karena bisa melihatnya dari jarak jauh," jelas Novean Husni.

Selain itu PDAM juga bisa melakukan pencatatan sesuai dengan keinginan. Mereka bisa melakukan pencatatan setiap hari, minggu, atau bulanan.

Begitu juga dengan pelanggan yang nantinya bisa menghindari kerugian dari sisi pembayaran layanan. Pelanggan PDAM bisa terhindar dari biaya langganan progresif akibat pencatatan yang tidak berjalan dengan baik. "Lewat teknologi ini pelanggan bisa terhindar dari biaya tagihan akumulatif yang progresif karena pencatatan yang tidak terekam dengan baik," jelas Novean.

Dia mengatakan Vinilon ingin agar layanan Evo Voda ini bisa terkoneksi dengan pelanggan melalui aplikasi. Jadi pelanggan bisa membaca meteran air dengan muda. Mereka juga bisa mengontrolnya sesuai dengan keinginan.

"Kita akan bekerja sama dengan provider guna memanfaatkan jaringan internet. Providernya juga bisa disesuaikan dengan kondisi lingkungan dari pelanggan. Jadi kalau yang sinyalnya kuat kita akan lebih utamakan provider itu. Tinggal kita ganti chip-nya saja," ujar Novean.

Masih di ajang yang sama, Vinilon juga menghadirkanteknologi unggulan yaitu mesin las pipa HDPE metode Butt Fusion, Ritmo Easy Life, teknologi Italy. Mesin ini menyederhanakan dan mempercepat proses penyambungan pipa, mengurangi potensi kesalahan operator (human error), dan menjaga kualitas sambungan hingga proyek selesai.

Mesin las Butt Fusion Ritmo Easylife memiliki keistimewaan data-logger yang terintegrasi (built-in) pada hydraulic gearcase mesin, sehingga seluruh data penyambungan dari parameter standar hingga lokasi, nama operator, dan proses penyambungannya akan tersimpan dengan baik pada mesin. Data tersebut juga dengan mudah ditarik oleh user denganUSB Driveuntuk memastikan pekerjaan agar sesuai standar dan prosedur yang benar.

Jadi, secara tidak langsung mesin ini dapat membantu akselerasi proses komisioning pekerjaan penyambungan pipa HDPE. Mesin ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi, mesin ini mencerminkan dedikasi Vinilon untuk memudahkan kompleksitas instalasi dalam sistem perpipaan.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2519 seconds (0.1#10.140)