Profil Samuel Altman, Pendiri ChatGPT yang Jadi Orang Asing Pertama Dapat Golden Visa RI

Rabu, 06 September 2023 - 14:24 WIB
loading...
Profil Samuel Altman, Pendiri ChatGPT yang Jadi Orang Asing Pertama Dapat Golden Visa RI
Pendiri ChatGPT Samuel Altman menjadi orang asing pertama yang mendapatkan Golden Visa RI. Foto/tum.de
A A A
JAKARTA - Profil Samuel Altman yang merupakan Chief Executive Officer (CEO) OpenAI sekaligus pendiri ChatGPT menarik perhatian publik. Altman menjadi orang asing pertama yang mendapatkan Golden Visa RI.

Dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) Nomor 22 tahun 2023 serta Peraturan Menteri Keuangan Nomor 82 tahun 2023, Golden Visa diberikan kepada penanam modal baik korporasi maupun perorangan.

Selain itu, Golden Visa juga bisa diberikan kepada tokoh yang mempunyai reputasi internasional dan memberikan manfaat untuk Indonesia.

Lantas, siapa itu Samuel Altman? Berikut ulasannya.

Profil Samuel Altman


Samuel Altman adalah seorang pengusaha dan investor teknologi asal Amerika Serikat. Dia lahir pada 22 April 1985 di Chicago, Illinois, dan dibesarkan di St. Louis, Missouri.

Altman merupakan CEO dan Co-Founder dari OpenAI, sebuah perusahaan riset dan penerapan kecerdasan buatan (AI) yang bertujuan memastikan kecerdasan buatan bermanfaat bagi manusia.

Selain itu, Altman juga pencetus ChatGPT, chatbot berbasis kecerdasan buatan yang diluncurkan pada akhir 2019. Dalam riwayatnya, dia diketahui mendapatkan gelar sarjana di bidang ilmu komputer dari Universitas Stanford.



Pria berusia 38 tahun ini memulai kariernya sebagai pengusaha dengan mendirikan perusahaan pertamanya bernama Loopt, sebuah aplikasi berbasis lokasi. Dia kemudian bergabung dengan Y Combinator sebagai presiden pada tahun 2014.

Altman terkenal karena kesuksesannya dalam mengembangkan ChatGPT, produk OpenAI yang menjadi perhatian dunia sejak diluncurkan pada akhir 2019. Mulai dari produk inilah ia mulai dinobatkan sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia menurut majalah Time pada tahun 2023.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)