5 Perbedaan Laptop dan Notebook, dari Ukuran hingga Fitur

Selasa, 05 September 2023 - 11:19 WIB
loading...
5 Perbedaan Laptop dan Notebook, dari Ukuran hingga Fitur
Perbedaan laptop dan notebook dapat dilihat dari ukuran hingga fiturnya. Foto/Ilustrasi/Pexels
A A A
JAKARTA - Perbedaan laptop dan notebook jarang diketahui banyak orang. Meskipun sama-sama mudah dibawa, tetap ada perbedaan fitur hingga kualitas dari kedua perangkat ini.

Laptop dan notebook sudah menjadi dua perangkat penting yang menggantikan kinerja sebuah komputer. Pekerjaan manusia semakin praktis dan dinamis menggunakan laptop atau notebook.

Meskipun laptop dan notebook memang memiliki fungsi yang sama, namun ada perbedaan antara dua perangkat tersebut. Berikut ini beberapa perbedaan antara laptop dan notebook.

Perbedaan Laptop dan Notebook


1. Ukuran


Perbedaan paling mencolok antara laptop dan notebook yang semua orang tahu adalah ukuran atau dimensi dari kedua perangkat ini. Notebook memiliki ukuran yang lebih ringkas daripada laptop.

Notebook biasanya hanya memiliki ketebalan 0.5 – 1 inci saja dengan berat sekitar 1 sampai 2 kg. Sementara laptop punya ketebalan mulai dari 1.5 – 2 inci, dengan berat sekitar 1,5 kg sampai 2,5 kg.



Dengan bobot dan dimensi tersebut, pastinya laptop juga punya ukuran layar yang lebih besar ketimbang notebook. Ukuran layar laptop bisa mencapai 14 – 17 inci, sedangkan notebook hanya 8 – 13 inci.

2. Prosesor


Laptop yang punya bobot lebih berat umumnya punya performa lebih besar ketimbang notebook. Laptop biasanya akan menggunakan prosesor seri Core i3, i5, i7, dan i9 untuk intel, atau menggunakan seri Ryzen untuk AMD.

Sedangkan notebook yang lebih berfokus pada daya mengurangi sistem performanya, membuat notebook kebanyakan akan menggunakan seri Celeron untuk intel, atau seri athlon untuk AMD.

3. Grafis


Karena punya prosesor yang mumpuni, laptop akan punya spesifikasi grafis yang jauh lebih baik ketimbang notebook. Laptop biasanya akan menggunakan merek VGA diskrit seperti AMD Radeon atau NVIDIA GeForce.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1833 seconds (0.1#10.140)