Pasar HP di 2023 Turun Drastis, Apple Diprediksi Geser Samsung

Senin, 21 Agustus 2023 - 06:50 WIB
loading...
Pasar HP di 2023 Turun Drastis, Apple Diprediksi Geser Samsung
Pasar HP di 2023 diprediksi bakal turun drastis. Menariknya HP premium justru disebut tetap stabil. Foto: Reuters
A A A
JAKARTA - Pengiriman (shipments) smartphone global tahun ini diperkirakan bakal jadi yang terburuk. Bahkan, paling buruk dalam 10 tahun terakhir. Menurut laporan Counterpoint Research, pemicu terbesarnya adalah pasar Amerika dan China.

Menariknya lagi, Apple diperkirakan bakal jadi pemimpin pasar smartphone tahun ini dalam hal pengapalan. Sebab, ternyata pasar HP premium disebut kebal dan tahan krisis.

Catatan lainnya, pengiriman atau shipments tidak sama dengan penjualan. Shipments diukur melalui jumlah perangkat yang dikirim vendor smartphone ke pengecer/distributor.

Counterpoint Research memperkirakan pengiriman smartphone pada 2023 akan turun 6% YoY menjadi 1,15 miliar perangkat.

“Pasar smartphone tahun ini tidak tumbuh karena Asia. Terutama perputaran ekonomi di China di awal tahun. Juga, penurunan di sejumlah negara berkembang,” beber Counterpoint dalam laporannya.

Perekonomian China tahun ini tersendat dan tidak dapat pulih cepat sesuai ekspektasi. Adapun konsumen tetap berhati-hati dalam berbelanja.

Pembelian ponsel pintar China, yang biasanya mencapai rata-rata 450 juta unit perangkat per tahun diperkirakan menyusut menjadi 270 juta per tahun.
Menurut analis senior di Counterpoint Research Karn Chauhan, ini akan jadi penyebab utama di balik penurunan penjualan ponsel pintar global.

Selain China, pasar Amerika Utara juga diperkirakan mengalami penurunan hingga dua digit. “Walau lapangan pekerjaan membaik dan inflasi turun, tapi konsumen ragu-ragu untuk untuk membeli perangkat baru,” beber Counterpoint.

Apple Bisa Jadi Nomor 1

Yang menarik, pasar smartphone premium justru diperkirakan tetap tangguh, terlepas dari pengapalan smartphone global mengalami penurunan.

Apple sendiri bersiap untuk meluncurkan smartphone terbaru mereka iPhone 15, pada September 2023. Ini akan membuat penjualan Apple tetap tinggi hingga akhir tahun menurut Counterpoint.

“Di Q4 (kuartal keempat), peluncuran iPhone 15 akan banyak sekali diantisipasi oleh konsumen. Sementara model lama iPhone 12 juga akan mendapatkan diskon besar-besar,” ujar Jeff Fieldhack, direktur riset untuk Amerika Utara di Counterpoint Research.



Counterpoint Research juga memperkirakan ada kemungkinan besar Apple akan mencuri tempat Samsung sebagai pemain HP terbesar di dunia.

Apple sendiri saat ini terus mengembangkan pasar baru selain Amerika dan China. Salah satunya di India. Mereka membuat pabrik disana, juga aktif menggamit konsumen baru. Bahkan, CEO Apple Tim Cook juga sudah beberapa kali berkunjungkeIndia.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2029 seconds (0.1#10.140)