Makin Gila, Teknologi AI Bisa Curi Password Lewat Suara Ketikan Keyboard

Selasa, 15 Agustus 2023 - 17:08 WIB
loading...
Makin Gila, Teknologi AI Bisa Curi Password Lewat Suara Ketikan Keyboard
Teknologi AI dikabarkan sudah mampu mencuri password lewat suara ketikan keyboard dengan tingkat ketepatan mencapai 95%. Foto/Metro
A A A
JAKARTA - Kemampuan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) semakin hari kian canggih. Bahkan teknologi AI dikabarkan sudah mampu mencuri password lewat suara ketikan keyboard dengan tingkat ketepatan mencapai 95%.

Dilansir dari Metro, Selasa (15/8/2023), kemampuan super yang dimiliki AI ini dilatih oleh tim peneliti dari Universitas Cornell. Para peneliti melatih model AI pada rekaman audio orang mengetik dan AI berhasil mengidentifikasi dengan sempurna.

AI mampu membedakan suara ketikan dari setiap tombol yang ditekan. Para peneliti mengujinya dengan meletakan mikrofon smartphone di dekat keyboard pada MacBook Pro dan terbukti AI bisa menebak setiap tombol uang diketik.



Tim melangkah lebih jauh dengan menguji kemampuan AI untuk memecahkan kata password dengan mendengarkan panggilan Zoom. Dalam pengujian ini, AI 93% akurat dalam mereproduksi penekanan tombol. Melalui Skype, modelnya 91,7% akurat.

Tim peneliti menegaskan bahwa kemampuan AI ini bukan berasal dari suara pengetikan melainkan dari gelombang, intensitas, dan waktu setiap penekanan tombol. AI bisa melihat bahwa setiap tombol punya waktu tersendiri.

Misalnya, AI dapat mengetahui bahwa orang cenderung menekan satu tombol sepersekian detik lebih lambat dari yang lain berdasarkan gaya mengetik mereka. Hal inilah yang dipelajari oleh AI hingga bisa menebak password seseorang.

Para peneliti menggunakan CoAtNet, yang merupakan pengklasifikasi gambar AI, untuk serangan tersebut, dan melatih model tersebut pada 36 penekanan tombol pada MacBook Pro yang masing-masing ditekan 25 kali.



Serangan ini sangat berbahaya karena dapat dilakukan dengan menggunakan peralatan seadanya. Penjahat dapat dengan mudah menempatkan smartphone dengan mikrofon di dekat keyboard dan menggunakan model AI untuk mencuri password dan informasi sensitif lainnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3170 seconds (0.1#10.140)