6 Fakta Kelebihan iPhone Dibanding Android

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 22:33 WIB
loading...
6 Fakta Kelebihan iPhone Dibanding Android
iPhone memiliki sejumlah keunggulan dibanding Android. (Foto: Freepik)
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah fakta tentang kelebihan iPhone dibanding Android. Apa sajakah itu? Terlepas dari kekurangan yang ada, iPhone relatif lebih unggul ketimbang Android.

Tak heran harganya pun jauh lebih mahal di pasaran. Sekilas saja tongkrongan iPhone bikin pemiliknya terlihat lebih bergaya.

Data dari firma riset pasar smartphone Canalys, juga menahbiskan iPhone sebagai ponsel paling laris pada kuartal-I 2023 (Q1 2023) disusul Samsung Galaxy S23 Ultra.

Berikut kelebihan iPhone dibanding Android dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (11/8/2023).

1. Kualitas Produk

Kelebihan iPhone dibanding Android yang pertama adalah soal kualitas produk. Sejak dari pabrikannya, iPhone sudah terjaga kualitasnya dan memiliki kekhasan tersendiri. Meski relatif mahal, namun fitur dan kualitas yang diberikan tak mengecewakan. Harga memang tak bohong.



Pembeli pun akan mendapat garansi dengan syarat dan ketentuan berlaku. Apple menjamin produk iPhone orisinal sempurna dari sisi bahan material maupun proses produksinya.

2. Performa

Kelebihan iPhone dibanding Android yang kedua adalah soal performa. iPhone terkenal memiliki performa bandel dan antilemot. Kecepatannya luar biasa dan responsif. “Kalau Android dipakai 6 bulan saja udah terasa drop performanya,” ujar salah seorang pengguna iPhone 13 asal Bekasi, Leonardus.

Performa apik iPhone ini tak lepas dari hasil kombinasi antara sistem operasi iOS yang dioptimalkan dengan perangkat keras yang mumpuni untuk tugas-tugas berat.

Dari pengalamannya sebagai pengguna smartphone, Leo meyakini performa apik iPhone akan bertahan selama bertahun-tahun.
Fakta ini ternyata bukan tanpa dasar lantaran Apple selaku produsen iPhone memiliki kontrol penuh terhadap perangkat keras dan lunaknya, sehingga memungkinkan mengoptimalkan kinerja perangkat secara menyeluruh. Dengan demikian, dapat dipastikan performa apik iPhone akan tetap terjaga bahkan setelah penggunaan dalam jangka panjang.

3. Keamanan

iPhone dari awal memang dirancang untuk memberikan perlindungan ekstra terhadap data dan privasi pengguna. Aplikasi yang bisa diunduh dan diinstal di iPhone sangat eksklusif, sehingga keamanannya terjaga. Untuk memasang aplikasi di luar App Store harus menggunakan aplikasi pihak ketiga, tidak seperti Android yang open source.

Dari sisi akses ke smartphone saja Apple sudah sangat rigit. Mulai dari kata sandi yang kuat, penggunaan Face ID, fitur pencegahan orang lain menggunakan iPhone yang hilang atau dicuri, hingga pemblokiran izin akses ke fitur yang umum digunakan seperti koneksi USB saat perangkat terkunci.



Modul pengamanan lainnya, meliputi pengelolaan informasi yang pengguna bagikan ke orang dan aplikasi, perlindungan terhadap privasi email pengguna, penelusuran web, hingga pengamanan otomatis saat ada serangan siber.

4. Update Berkala Sistem iOS

Kelebihan iPhone dibanding Android yang keempat adalah sistem operasi iOS selalu terupdate. Hal ini memungkinkan pengguna seri lama tetap bisa menikmati fitur baru dan sistem keamanan yang terus diperbarui.

Selama ini iOS terbukti menjadi sistem operasi yang paling aman dan stabil. Tak heran, iPhone menjadi favorit di kalangan kelas menengah atas yang membutuhkan keamanan dalam menunjang aktivitas sehari-hari.

5. Kamera Mumpuni

Kelebihan iPhone dibanding Android yang kelima adalah kualitas kamera yang lebih mumpuni dengan resolusi dan stabilitas tinggi. Hasil jepretan foto dan videonya bisa diandalkan. Inovasi juga selalu dihadirkan di tiap seri baru yang diluncurkan.

6. Harga Jual iPhone Bekas Tinggi

Kelebihan iPhone dibanding Android selanjutnya adalah harga jual smartphone bekas yang tinggi. Hal ini terutama bagi orang Indonesia menjadi pertimbangan penting.

Demikian beberapa kelebihan iPhone dibanding Android. Adapun kekurangan iPhone di antaranya harganya relatif mahal, kabelnya memakai lightning port sehingga menyulitkan saat mengecas, tidak bisa dipakai merekam suara saat telepon, hingga aplikasinya banyak yang berbayar.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2981 seconds (0.1#10.140)