Terungkap! Facebook Ajari 85.000 UKM Melek Digital

Rabu, 29 Juli 2020 - 15:40 WIB
loading...
Terungkap! Facebook Ajari 85.000 UKM Melek Digital
Menkop UKM Teten Masduki sinergi dengan Facebook genjot UKM melek digital. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia Ruben Hattari mengatakan bahwa Facebook Group, termasuk di dalamnya Facebook , Instagram, dan Whatsapp, berkomitmen membantu pemerintah dalam hal ini Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) dan LLP (Smesco Indonesia) untuk mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah agar lebih melek digital.

"UKM adalah tulang punggung perekonomian Indonesia, tapi juga merupakan komunitas yang terbesar di platform kami," ungkap Ruben dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu(29/7/2020).



Dia menyampaikan, pertemuannya hari ini dengan Menkop UKM Teten Masduki dan Direktur Utama Smesco Indonesia Leonard Theosabrata adalah untuk membahas bagaimana platform keluarga besar Facebook dengan platform lainnya bisa membantu UMKM cepat pulih, atau mengakselerasi pemulihannya. "Selain jadi fokus pemerintah, ini menjadi fokus grup selama 6 bulan hingga 1 tahun kedepan. Sampai tahap ini, sudah sebanyak 85 ribu UKM yang sudah kami latih," ucap Ruben.



Dia menyebutkan, pemulihan ini dilakukan lewat pelatihan terlebih dahulu, di mana sebagian besar pelatihan yang beragam ini dilakukan secara virtual. "Kami juga sudah membicarakan jumlah UKM yang akan kami latih bersama Smesco, sampai saat ini jumlahnya masih di angka 15 ribuan, tapi ini masih platform minimal. Kami berharap bisa meningkatkan angka ini sebisa mungkin," tambah Ruben.

Selain itu, Facebook Group juga berkomitmen untuk melayani dan membantu rekan-rekan UKM untuk pulih. "Bukan hanya untuk memulihkan UKM dan melayani pasar Indonesia saja, tapi sesuai kata-kata pak Menteri, yang penting juga adalah bagaimana kita bisa menemukan mutiara-mutiara baru diantara UKM ini yang bisa go international dan membawa nama harum Indonesia," pungkas Ruben.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1048 seconds (0.1#10.140)