Ketahui 5 Tips Agar Video CapCut Tidak Buram dan Pecah

Jum'at, 28 Juli 2023 - 09:55 WIB
loading...
Ketahui 5 Tips Agar Video CapCut Tidak Buram dan Pecah
Tips agar video CapCut tidak buram dan pecah menarik untuk dipahami. Foto: CapCut
A A A
JAKARTA - CapCut kini tengah jadi aplikasi edit video yang banyak digunakan di smartphone karena selain memiliki banyak fitur, aplikasi ini juga tidak terlalu memakan banyak ruang penyimpanan.

Setiap pengguna yang mengedit menggunakan CapCut pastinya ingin membuat karya video yang menarik dengan hasil editan terbaik.

Namun, terkadang beberapa video yang diedit menggunakan CapCut acap kali buram dan pecah sehingga membuat pengguna kurang puas dengan hasilnya.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasi masalah video yang buram dan pecah di CapCut, yakni hanya dengan memanfaatkan berbagai fitur yang disediakan saja.

5 Tips Video CapCut Tidak Buram dan Pecah

Berikut ini lima tips yang dapat dilakukan supaya video CapCut tidak buram atau pecah. Namun, sebelum masuk ke tips, pastikan dulu bahwa rekaman yang akan diedit memiliki kualitas yang bagus.

1. Pakai Stabilisasi

Karena video yang diambil kurang stabil biasanya akan membuat gambar terlihat buram sebab tidak cukup fps. Cara yang dapat digunakan untuk mengatasi ini di CapCut adalah dengan memakai fitur stabilisasi.

- Pertama, buka CapCut dan tambahkan bahan rekaman
- Klik pada objek video dan pilih opsi "Stabilisasi"
- Aturlah stabilitas sampai video terlihat jelas

2. Pakai Resolusi Sesuai

Pakailah resolusi ekspor video sama dengan resolusi video. Misalnya, bila bahan video yang diedit memiliki resolusi 1920x1080p di 30fps, maka untuk mengekspor video harus menggunakan resolusi yang sama supaya tidak pecah.

3. Menggunakan Sharpening

Efek Sharpening CapCut berguna untuk meningkatkan ketajaman grafis video. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut.

- Pertama, memasukan video yang akan diedit ke CapCut
- Kemudian, klik pada objek video dan pilih opsi "Sesuaikan"
- Lalu, pilih opsi "Pertajam" dan tingkatkan secukupnya

Ketajaman video yang terlalu tinggi juga tidak bagus nantinya, karena akan membuat gambar akan terlihat pecah.

4. Kompres Video

Apabila bahan rekaman memiliki resolusi HD+ atau 1920x1080p bisa dikompres ke ukuran lebih kecil di CapCut untuk meminimalisir penyimpanan supaya tidak terlalu besar. Ukuran yang direkomendasikan disini adalah 1280x720p (HD). Sebaiknya pengguna tidak mengecilkan ukuran video sampai ke resolusi 854x480p (SD) karena dapat membuat hasil video terlihat buram.


5. Jangan Zoom Berlebihan

Ketika mengedit video, pengguna dapat memanfaatkan fitur zoom untuk memperjelas gambar yang ingin ditunjukkan. Namun semakin besar zoom di CapCut akan berakibat pada kualitas gambar yang dihasilkan, karena sudah pasti semakin banyak zoom video maka akan semakin pecah atau buram video.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1396 seconds (0.1#10.140)