Begini Cara Menemukan Leluhur Kita Secara Online, Cek Silsilah Keluarga Anda!

Sabtu, 22 Juli 2023 - 11:02 WIB
loading...
Begini Cara Menemukan Leluhur Kita Secara Online, Cek Silsilah Keluarga Anda!
Saat ini, ada beberapa platform yang menyediakan jasa untuk menemukan silsilah keluarga secara online. Foto: My Heritage
A A A
JAKARTA - Sebagian orang kesulitan untuk menemukan leluhur keluarga mereka lantaran keterbatasan informasi. Tetapi, di era digital seperti sekarang ini sangat memungkinkan untuk mengecek keturunan secara online melalui sejumlah laman.

Mencari leluhur , memungkinkan Anda menemukan keluarga atau mengetahui garis keturunan penting, seperti keturunan raja atau bangsawan. Mengecek leluhur secara online juga dapat menjawab rasa penasaran bagi siapa saja ingin tahu nenek moyang mereka.

Saat ini, ada beberapa platform yang menyediakan jasa untuk menemukan silsilah keluarga secara online. Nah, berikut cara menemukan leluhur secara online seperti dilansir dari berbagai sumber:

1. Family Search

Di urutan pertama ada Family Search yang merupakan situs terpopuler dalam menemukan silsilah keluarga. Cara menggunakan platform ini juga cukup mudah karena hanya perlu memasukkan nama, tempat tinggal, dan tahun kelahiran. Namun, perlu dicatat bahwa hasil pencarian akan akurat jika data tentang keturunan sudah dimuat ke database. Biasanya, orang-orang yang memiliki garis keturuan raja atau dengan status sosal tinggi akan mudah untuk dilacak.

2. My Heritage

Kemudian, ada aplikasi My Heritage. Platform ini selain bisa membuat pohon keturunan secara praktis, juga bisa memakai fitur pencarian informasi tentang leluhur mereka. Uniknya, aplikasi juga akan menginformasikan kepada pengguna setiap kali menemukan perkembangan terkini. Aplikasi tersebut pun dapat langsung membangun koneksi pohon keluarga yang baru.

3. Gramps

Selanjutnya ada aplikasi Gramps, yang secara tampilan, memang tidak memiliki layout menarik. Namun, fasilitasnya untuk mengecek keturunan online tidak perlu dragukan lagi. Dengan Gramps, pengguna bisa mendapat daftar informasi hubungan keluarga yang terhubung dengan keluarga mereka sendiri. Peta interaktif juga menjadi salah satu keunggulan aplikasi ini dalam melacak lokasi keluarga yang terekam.

4. Family Historian 7

Bagi yang ingin menemukan leluhur juga bisa memanfaatkan aplikasi Family Historian 7, yang menawarkan kemudahan dalam memasukkan data keluarga yang ingin dicari. Ini juga dapat memberikan informasi pendukung lainnya dengan cukup detail. Family Historian 7 juga menampilkan chart silsilah yang nyaman dipahami dan menunjukkan lokasi inti seseorang. Tapi, perlu diketahui untuk menginstall aplikasi ini perlu merogoh kocek alias tidak gratis.


5. Ancestral Quest

Aplikasi ini memiliki kelebihan pada hasil skemanya yang lengkap dan tersaji dalam berbagai standar. Mulai silsilah, keturunan keluarga, hingga basis timeline yang bisa dilacak masanya. Ancestral Quest mampu menyajikan seluruh data silsilah yang dibutuhkan tanpa perlu waktu lama. Ini berkat teknologi AQ’s built-in khusus untuk mencari informasi ke lebih dari 30 miliar rekamandatabase.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1760 seconds (0.1#10.140)