Rusia Haramkan Pegawai Negeri Gunakan iPhone, Khawatir Dimata-matai Amerika?

Senin, 17 Juli 2023 - 07:18 WIB
loading...
Rusia Haramkan Pegawai Negeri Gunakan iPhone, Khawatir Dimata-matai Amerika?
Rusia mulai melarang pegawai negeri menggunakan iPhone dan iPad mulai pekan ini. Foto: Cyberscoop.
A A A
RUSIA - Rusia akhirnya resmi melarang penggunaan produk-produk Apple seperti iPhone dan iPad bagi para pegawai negeri. Larangan mulai berlaku pekan ini.

Disebutkan Financial Times, larangan yang dikeluarkan oleh Layanan Keamanan Federal Rusia atau Federal Security Service itu mulai berlaku pekan ini.

Larangan tersebut direalisasi terkait adanya dugaan mata-mata yang dilakukan Amerika Serikat terhadap Rusia melalui produk-produk teknologi buatan Apple.

Wacana tersebut sebenarnya sudah tersiar sejak beberapa bulan lalu hanya saja baru sekarang Federal Security Service Rusia melegalkannya jadi peraturan.

“Para pegawai negara harus mencari perangkat lain karena saar ini iPhone sudah dianggap tidak aman,” tulis sumber yang dikutip Financial Times. Larangan tersebut berlaku untuk semua lembaga kenegaraan di Rusia dengan seluruh pegawai Federal Security Service lebih dulu menjalankannya.

Pengamat teknologi Rusia, Andrey Soldatov dikutip Apple Insider mengatakan larangan tersebut dikeluarkan karena otoritas negara yang dipimpin Vladimir Putin itu percaya perangkat buatan Apple bisa digunakan untuk menyadap. Hanya saja dia meyakini larangan tersebut sepertinya akan mendapatkan perlawanan.

“Administrasi kepresidenan dan lembaga resmmi lain sepertinya akan menantang karena mereka menyukai iPhone," ucap Andrey Soldatov.

Rusia Haramkan Pegawai Negeri Gunakan iPhone, Khawatir Dimata-matai Amerika?

OS Aurora yang diklaim sebagai sistem operasi buatan Rusia. Foto: ist

Dia melihat nantinya para pegawai negeri di Rusia hanya menjalankan peraturan tersebut untuk kegiatan-kegiatan resmi. Sebaliknya untuk kebutuhan pribadi
mereka akan tetap menggunakan iPhone dan iPad.

Pakar keamanan dari Rusia, Alexey Lukatsky, menambahkan bahwa para pegawai negeri Rusia belum tentu mau melepas iPhone dan iPad milik mereka. Apalagi benar-benar beralih menggunakan perangkat yang menjalankan sistem operasi Aurora produksi Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2106 seconds (0.1#10.140)