8 Tips Ngegame Sat Set lewat HP untuk Isi Libur Panjang

Sabtu, 01 Juli 2023 - 18:43 WIB
loading...
8 Tips Ngegame Sat Set lewat HP untuk Isi Libur Panjang
Tips ngegame lewat HP untuk mengisi libur panjang penting diketahui. Foto: dok Samsung
A A A
JAKARTA - Ngegame dan menonton video streaming jadi kegiatan yang paling digemari masyarakat Indonesia, terutama saat liburan seperti sekarang.

Data Reportal bertajuk Digital 2023: Indonesia menunjukkan bahwa 96% dari 212,9 juta pengguna Internet di Indonesia menonton streaming dan menghabiskan rata-rata 1 jam 9 menit setiap hari untuk menonton streaming. Sementara sebanyak 90 persen pengguna Internet main game di ponsel mereka.

”Gaming dan streaming jadi gaya hidup tak terpisahkan dari anak-anak muda masa kini terutama Gen Z. Selain untuk hiburan, industri esport juga berkembang pesat,” beber Ilham Indrawan, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Nah, berikut adalah 3 tips mengoptimalkan HP untuk ngegame di masa libur sekolah 2023:

1. Atur settingan layar

Langkah pertama untuk meningkatkan pengalaman gaming maupun streaming optimal adalah mengatur setting layar. Pastikan settingan refresh rate HP di angka maksimal, tingkatkan visibilitas dengan brightness level, dan aktifkan blue light filter.

HP seperti Samsung Galaxy A34 5G sudah dibekali layar Super AMOLED 6,6 inci dengan resolusi FHD+. Saat ngegame, tampilan layar tidak akan statis. Tingkat kemulusan transisi gambar atau adegan di layar akan tergantung pada refresh rate layarnya. Semakin tinggi, semakin mulus. Layar Galaxy A34 5G yang mengusung refresh rate 120Hz serta Touch Sampling Rate 240Hz tentu membuat kegiatan ngegame semakin responsif dan nyaman.

Level brightness 1.000 nits dan teknologi Vision Booster bedampak besar dimana layar menyesuaikan dengan pencahayaan di sekitar. Pengguna bisa tetap ngegame nyaman meski berada di bawah sinar matahari.

Aktifkan juga fitur Eye Comfort Shield untuk memfilter blue light. Tujuannya, untuk mengurangi ketegangan mata dan membantu lekas tidur setelah gaming maupun streaming saat malam hari.

2. Tutup semua aplikasi yang berjalan di background

Dengan penggunaan HP yang intens, kadang kita tak sadar sudah membuka banyak aplikasi. Ketika tidak dijalankan, aplikasi-aplikasi itu berjalan diam-diam di background dan memakai resource di baterai, CPU, dan RAM. Kalau dibiarkan, performa gaming dan streaming di HP jadi tak maksimal. Jadi, tutup semua aplikasi di latar belakang.

3. RAM Plus

Sebagian besar HP baru yang dipasarkan saat ini sudah punya fitur RAM Plus. Di Galaxy A34 5G yang punya RAM 8GB, pengguna bisa menambah RAM Plus 8GB sehingga semakin sat set.

4. Ngecas HP

Pastikan ngegame dengan kondisi baterai terisi penuh. Baterai dibawah 20 persen membuat HP akan masuk ke mode hemat daya. Untungnya, rata-rata baterai di HP terbaru saat ini sudah 5.000mAh, yang tahan lama.

5. Bebaskan lebih banyak storage

Saat aplikasi digunakan, ia akan menciptakan file dan data sementara yang disimpan di cache. Makin lama, cache ini makin besar dan akhirnya menyedot sejumlah storage. Ketika HP kekurangan storage, performanya akan menurun dan akan menyebabkan buffering saat sedang streaming.

Dengan membersihkan atau menghapus cache dan data yang terhimpun, Anda akan membebaskan sejumlah storage dan meningkatkan kinerja HP saat gaming dan streaming.

6. Game Booster

Untuk pengalaman gaming lebih ngebut, masuk ke setting Game Booster di aplikasi Game Launcher. Jika ingin gaming dengan performa maksimal, atur ke settingan performa. Jika ingin lebih santai dan lebih lama, atur ke settingan penghemat baterai. Bagi yang ingin menyeimbangkan antara performa yang optimal tetapi tetap hemat baterai, bisa pilih settingan standar.

7. Mode Prioritas

Masih di Game Launcher, atur ke mode Prioritas, sehingga permainan tidak terganggu oleh notifikasi dari aplikasi lain, seperti WhatsApp, email, panggilan telepon, dan sebagainya.

Baca Juga: 7 Rekomendasi HP Gaming Termurah 2023

8. Discord

Game Launcher sudah terintegrasi dengan Discord yang akan mendeteksi game apa yang sedang Anda mainkan. Anda bisa mabar dengan teman-teman yang memainkangameyangsama.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1914 seconds (0.1#10.140)