6 Tips Memotret Makanan Menggunakan HP saat Liburan dengan Redmi Note 12 Pro

Minggu, 02 Juli 2023 - 18:22 WIB
loading...
6 Tips Memotret Makanan Menggunakan HP saat Liburan dengan Redmi Note 12 Pro
Tips memotret makanan menggunakan HP saat liburan penting untuk diketahui. Foto: dok Xiaomi Indonesia
A A A
JAKARTA - Kulineran sambil traveling menjadi aktivitas yang sangat digemari saat liburan. Apalagi, ketika kita mengunjungi tempat baru yang memiliki resep khas yang beragam.

Tidak hanya konten kreator, tapi warganet seperti “memiliki kewajiban” untuk mengabadikan momen kulineran dan mengunggahnya ke media sosial.

“Untuk mendapat hasil foto makanan menggugah selera, tidak selalu memakai peralatan lengkap ataupun makanan estetik. Yang penting tahu teknik pengambilan serta penataan makanan yang tepat,” ungkap Togi Panjaitan, Professional Food Photographer.

Togi memberikan tips memotret makanan memakai kamera Redmi Note 12 Pro dengan kamera utama 108MP, kamera ultra-wide 8MP, kamera makro 2MP, dan depth sensor 2MP. Seperti apa?

1. Manfaatkan Cahaya Alami
6 Tips Memotret Makanan Menggunakan HP saat Liburan dengan Redmi Note 12 Pro

Kunci utama hasil foto maksimal adalah kombinasi kamera HP memadai dan penggunaan cahaya natural. “Cahaya natural memberi kelembutan, kejernihan, dan keaslian pada subjek yang difoto, termasuk makanan. Sehingga warna dan tekstur makanan terlihat lebih maksimal. Dampaknya, hasil foto lebih menarik dan menggugah selera,” ungkap Togi.

2. Eksplorasi Angle Kamera
6 Tips Memotret Makanan Menggunakan HP saat Liburan dengan Redmi Note 12 Pro

Untuk mengeksplorasi sudut pengambilan gambar, Togi biasa memanfaatkan kamera ultra-wide 8MP di Redmi Note 12 Pro. “Dengan ruang pandang hingga 120 derajat, ada banyak elemen dalam satu frame bisa tertangkap. Sehingga menghasilkan foto
makanan menarik dan artistik,” ungkapnya.

3. Aktifkan Fitur Grid

Saat memotret, jangan lupa mengaktifkan fitur grid untuk mengatur komposisi dengan lebih presisi. “Fitur grid merupakan alat bantu untuk mengatur posisi subjek dan elemen-elemen penting dalam bingkai foto,” beber Togi.

4. Food Styling
6 Tips Memotret Makanan Menggunakan HP saat Liburan dengan Redmi Note 12 Pro

Untuk membuat hasil foto makanan lebih hidup, manfaatkan ornamen pelengkap di sekitar Anda. Misalnya bunga segar, daun hijau, rempah-rempah, atau alat makan yang cantik. “Sebab, bisa memberi sentuhan visual menarik pada makanan yang difoto,” ujar Togi.
Menurtnya, food styling memberikan latar belakang menarik dan meningkatkan kesan estetik dari makanan yang diabadikan.

5. Fitur Macro

Berguna untuk mendapat detail yang lebih tajam dan memperlihatkan tekstur makanan dengan lebih jelas.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Iklan di HP Xiaomi Redmi Note 9

6. Portrait

Portrait juga dapat menjadi senjata rahasia dalam menghasilkan foto makanan dengan efek bokeh yang menawan. Dengan memanfaatkan mode Portrait, kamera akan secara otomatis mengaburkan latar belakang, menjadikan subjek utama, yaitu makanan, menjadi lebih menonjol dan terfokus.

“Efek bokeh ini akan memberikan kedalaman visual pada foto makananmu dan menciptakan kesan profesional,” ungkap Togi. Redmi Note 12 Pro tersedia dalam warna Glacier Blue & Graphite Gray. Saat ini, Redmi Note 12 Pro dibanderol Rp3.499.000 (6GB/128GB) danRp3.999.000.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1809 seconds (0.1#10.140)