WhatsApp Mulai Cari Cuan, Targetkan UMKM untuk Pasang Iklan lewat WhatsApp Business

Selasa, 27 Juni 2023 - 18:12 WIB
loading...
WhatsApp Mulai Cari Cuan, Targetkan UMKM untuk Pasang Iklan lewat WhatsApp Business
Public Policy Manager WhatsApp Indonesia Esther Samboh saat menjelaskan fitur baru WhatsApp. Foto: Sindonews/Iqbal Dwi Purnama
A A A
JAKARTA - WhatsApp selama ini dikenal gratis. Tapi, bukan berarti mereka tidak berupaya mencari untung atau profit. Platform chatting terbesar di dunia itu kini meluncurkan fitur berbayar khusus UMKM yang ingin beriklan lewat WhatsApp Business.
Saat ini, WhatsApp Business memiliki lebih dari 200 juta pengguna. Nah, pengguna WhatsApp Business yang sebagian besar adalah UMKM inilah yang kedepannya akan jadi “sapi perah” dari WhatsApp.

Sebab, kini mereka bisa membuat iklan Facebook dan Instagram yang mengarahkan ke WhatsApp tanpa memerlukan akun Facebook . Public Policy Manager WhatsApp Indonesia Esther Samboh menjelaskan, mulai saat ini para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang menjalankan seluruh operasinya di WhatsApp akan dapat membuat, membeli, dan menayangkan iklan Facebook atau Instagram secara langsung di dalam aplikasi WhatsApp Business.

Sehingga, para pelaku UMKM tidak perlu memiliki akun Facebook, namun tetap dibutuhkan alamat email untuk melakukan konfirmasi pembayaran untuk menggunakan fitur tersebut.

“Kita menyediakan produk yang harapannya bisa mengembangkan UMKM yang ada di Indonesia secara digital, dan dapat berkontribusi lagi terhadap penyerapan tenaga kerja dan pertumbuhan ekonomi," ujar Esther dalam acara WhatsApp MSME Summit 2023, Selasa (27/6).

Lebih lanjut, terkait fitur baru tersebut Esther menjelaskan, ketika seseorang mengklik iklan, maka iklan tersebut akan membuka chat di WhatsApp sehingga mereka dapat mengajukan pertanyaan, menelusuri produk, dan melakukan pembelian.

Iklan ini merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mendorong calon pelanggan mengirim pesan kepada mereka di WhatsApp dan cara ini akan membuka peluang baru bagi bisnis kecil yang hanya menggunakan WhatsApp dan membutuhkan cara yang lebih
sederhana untuk mulai beriklan.

Selain itu, ketika bisnis kecil menemukan pelanggan baru, mereka harus memiliki alat yang dapat membantunya terhubung dengan
pelanggan secara cepat dan mudah dalam skala besar.


"Mulai saat ini, kami akan mulai melakukan uji coba fitur baru dalam aplikasi WhatsApp Business, di mana bisnis kecil akan memiliki opsi untuk mengirim pesan yang dipersonalisasi kepada pelanggan mereka seperti pengingat janji temu, ucapan selamat ulang tahun, atau bahkan informasi tentang diskon musim liburan dengan cara yang lebih cepat dan efisien," kata Esther.

Fitur baru ini akan memberikan kemampuan kepada bisnis untuk mengirimkan pesan pribadi berisi nama pelanggan dan tombol ajakan bertindak yang dapat disesuaikan ke daftar pelanggan tertentu seperti mereka yang memilikilabelkhusus.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1759 seconds (0.1#10.140)