Alasan XL Axiata Ngebut Bikin Jaringan 4G di Jalan Tol Baru Cisumdawu

Senin, 26 Juni 2023 - 12:17 WIB
loading...
Alasan XL Axiata Ngebut Bikin Jaringan 4G di Jalan Tol Baru Cisumdawu
XL Axiata memastikan tersedianya jaringan 4G di sepanjang ruas tol Cisumdawu lewat 190-unit BTS 4G yang akan menopang layanan di sepanjang jalur tol baru ini. Foto: dok XL Axiata
A A A
BANDUNG - Jalur tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) bakal beroperasi penuh awal Juli 2023. Tol tersebut fungsinya vital sebagai penghubung kota Bandung dengan bandara Kertajati. Itu, salah satu alasan mengapa PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan ketersediaan jaringan 4G di sepanjang ruas tol sejauh 62 km ini.

Ruas tol Cisumdawu memang disiapkan untuk memudahkan mobilitas masyarakat sepanjang Bandung-Sumedang hingga Dawuan, juga terhubung dengan Bandara Kertajati.

“Hingga saat ini, sudah tersedia tidak kurang dari 190-unit Base Transceiver Station (BTS) 4G yang akan menopang layanan di sepanjang jalur tol baru ini,” ujar Group Head Central Region XL Axiata Arif Farhan Budiyanto.

“Tol Cisumdawu sangat strategis guna memperlancar arus lalu lintas masyarakat dan barang di Jawa Barat, serta menjadi penghubung utama Ibu Kota Bandung dengan Bandara Kertajati,” tambah Arif Farhan.

Ia menyebut, jalur Tol Cisumdawu akan jadi salah satu urat nadi transportasi darat di Jawa Barat. Karena itu, layanan telekomunikasi dan data dari XL Axiata juga harus tersedia di sini, karena secara ekonomi trafik kemungkinan akan tinggi.

Menurut Arif Farhan, untuk mengantisipasi semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan layanan data berkualitas di sepanjang jalur ini, penguatan jaringan akan terus digencarkan. “Apalagi ketika jalur ini telah beroperasi 100% nantinya, kami perkirakan kepadatan lalu lintas akan meningkat secara drastis,” ujarnya.

Mulai Jakarta hingga Bandung
Alasan XL Axiata Ngebut Bikin Jaringan 4G di Jalan Tol Baru Cisumdawu

Arif Farhan menyebut XL Axiata menerapkan sejumlah strategi untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan di Jawa Barat. “Segmentasi pasar, analisis kebutuhan pelanggan, hingga adaptasi produk secara cepat dan tepat merupakan beberapa strategi yang kami terapkan,” bebernya.



Di Jawa Barat, jaringan XL Axiata telah sepenuhnya tersedia di sepanjang jalur Tol Jakarta – Cikampek (Japek), Tol Cikampek – Purwakarta – Padalarang (Cipularang), Tol Purwakarta – Bandung – Cileunyi (Purbalenyi).

Hingga saat ini, layanan XL Axiata di Jawa Barat telah didukung lebih dari 27.500 BTS yang mayoritas merupakan BTS 4G. Dibanding dengan periode yang sama pada tahun lalu, Arif Farhan melanjutkan, ada tambahan BTS di Jawa Barat naik lebihdari140%.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1277 seconds (0.1#10.140)