Ya Ampun, Alat Pakan Hewan Smart Feeder Ternyata Rentang Diserang Hacker

Sabtu, 24 Juni 2023 - 13:05 WIB
loading...
Ya Ampun, Alat Pakan Hewan Smart Feeder Ternyata Rentang Diserang Hacker
Smart feeder umumnya memiliki kamera serta nampan untuk memudahkan hewan peliharaan makan otomatis. Foto: dok TheSprucePets
A A A
JAKARTA - Smart feeder atau alat pakan pintar belakangan memang sangat populer, terutama di marketplace. Wajar, perangkat ini memang menawarkan banyak kepraktisan. Apalagi, bagi mereka yang harus ngantor atau sering bepergian.

Meski demikian, pemilik smart feeder saat ini harus lebih hati-hati. Sebab, riset terbaru lembaga keamanan Kaspersky menyebut bahwa smart feeder rentan diserang hacker.

Pakar Kaspersky telah memeriksa beberapa smart feeders hewan peliharaan yang populer dan menemukan bahwa beberapa di antaranya memiliki kerentanan yang memungkinkan pengguna dimata-matai secara diam-diam.

Selain itu, smart feeder juga bisa dibobol untuk mencuri data termasuk pengkodean ulang kamera dan mikrofon, mendapatkan akses ke perangkat lain dalam jaringan yang sama, hingga mendapatkan kendali penuh atas perangkat.

Ini karena adanya masalah keamanan signifikan, termasuk penggunaan kredensial hard-coded dan proses pembaruan firmware yang tidak aman. Jika ini berhasil dieksploitasi oleh hacker, maka bisa mengakibatkan kerugian besar.

“Kelemahan seperti eksekusi kode tidak sah, modifikasi pengaturan perangkat, serta pencurian informasi sensitif berpotensi mengubah smart feeders menjadi alat mata-mata yang berbahaya,” beber Roland Saco, pakar keamanan di Kaspersky.

Smart feeders hewan peliharaan saat ini memungkinkan pengguna mengontrol dengan perintah suara. Namun, ini justru memiliki kerentanan untuk diretas.

“Penyerang yang menguasai satu smart feeders dapat mengeksploitasinya untuk meluncurkan serangan berikutnya pada jaringan perangkat lain. Setelah dieksploitasi, penyerang dapat memanipulasi perintah dan mengambil kendali penuh perangkat,” ujar Roland.



Agar semua perangkat pintar tetap aman dan terlindungi, berikut kiat-kiatnya:

1. Selalu perbarui perangkat Anda

Perbarui firmware dan perangkat lunak secara rutin, termasuk smart feeders hewan peliharaan.

2. Teliti sebelum membeli

Sebelum melakukan pembelian smart feeders hewan peliharaan atau perangkat apa pun yang terhubung, teliti reputasi produsen untuk keamanan dan privasi. Pilih perangkat dari merek ternama yang mengutamakan keamanan.

3. Berhati-hatilah dengan izin aplikasi

Tinjau dan batasi izin yang diberikan ke aplikasi seluler yang terkait dengan smart feeders hewan peliharaan. Hanya berikan akses secukupnnya ke fitur dan data, serta hindari pemberian hak istimewa yangberlebihan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2052 seconds (0.1#10.140)