iPhone Jadi Lemot, Berikut Cara Mengatasinya Agar Nyaman dipakai

Jum'at, 23 Juni 2023 - 13:57 WIB
loading...
iPhone Jadi Lemot, Berikut Cara Mengatasinya Agar Nyaman dipakai
Saat menggunakan sebuah smartphone, tentu kita terkadang menemui permasalahan. Salah satunya smartphone mengalami kendala lemot. (Ist)
A A A
JAKARTA - Saat menggunakan sebuah smartphone, tentu kita terkadang menemui permasalahan. Salah satunya smartphone mengalami kendala lemot. Apalagi jika Anda menggunakan smartphone iPhone, permasalahan tersebut sering terjadi.

Anda tidak perlu panik jika permasalahan tersebut terjadi. Ada beberapa langkah agar iPhone Anda kembali seperti semula. Untuk lebih detail berikut ini adalah cara mengatasi iPhone yang lemot.

Cara Mengatasi iPhone yang Lemot

1. Hapus Aplikasi Tidak Terpakai

Pada dasarnya smartphone membutuhkan penyimpanan ruangan yang lebih agar dapat menjalankan proses. Jika Anda memiliki aplikasi yang sudah lama tidak terpakai, segera menghapus aplikasi tersebut agar smartphone dapat menjalankan prosesnya kembali.

Cara ini dapat ampuh agar smartphone kembali berjalan dengan baik, sebab banyak aplikasi yang sering memenuhi penyimpanan ponsel sehingga memperlambat kinerja ponsel.

2. Mematikan Mode Daya Rendah

Mode Daya Rendah adalah fitur yang tersedia di iPad dan iPhone untuk memperpanjang masa pemakaian baterai dengan mengurangi jumlah daya yang digunakan pada perangkat. Dalam mode daya rendah beberapa aplikasi tidak dapat digunakan. Jika baterai berwarna kuning, maka mode daya rendah menyala.

Anda dapat menyalakan atau mematikan mode daya rendah pada pengaturan > baterai. Jika ingin mematikan mode daya rendah berfungsi tanpa pembatasan daya rendah.

3. Pastikan iPhone pada Suhu Normal

Sistem operasi iOS atau iPadOS dapat mengatur kinerja perangkat jika suhunya terlalu panas akibat kondisi eksternal, seperti ditinggalkan di dalam mobil yang panas atau digunakan dalam waktu yang lama di bawah sinar matahari langsung. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya Anda memindahkan perangkat ke tempat yang lebih sejuk dan membiarkan suhunya menyesuaikan.

Sebaliknya, suhu yang sangat dingin juga dapat memperlambat kinerja perangkat. Jika Anda mengalami perlambatan setelah perangkat terpapar suhu dingin, sebaiknya pindahkan perangkat ke tempat yang lebih hangat.

4. Update iOS

Walau terkadang merepotkan karena tidak dapat diprediksi berapa lama prosesnya akan berlangsung, melakukan pembaruan pada iOS adalah langkah yang penting. Update iOS umumnya bertujuan untuk memperbaiki masalah pada perangkat Anda dan meningkatkan kinerjanya dengan penambahan fitur baru.

Jika memungkinkan, sebaiknya Anda selalu mengupdate iPhone Anda ke versi terbaru iOS agar perangkat tetap dalam kondisi yang optimal dan sehat.

5. Hapus Riwayat dan Data Aplikasi

Untuk meningkatkan kecepatan ponsel Anda, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan, seperti menghapus riwayat internet dan data aplikasi. Menghapus riwayat internet bukanlah untuk menyembunyikan sesuatu, melainkan untuk membebaskan ruang penyimpanan di ponsel Anda.

Dengan menghapus riwayat internet, Anda dapat mengurangi beban memori pada perangkat Anda, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kecepatan kinerja ponsel. Selain itu, menghapus data aplikasi yang tidak diperlukan juga dapat membantu membebaskan ruang penyimpanan dan meningkatkan kecepatan ponsel Anda.


6. Periksa Penggunaan Baterai

Penggunaan baterai yang berlebihan dapat mempengaruhi kinerja iPhone. Periksa penggunaan baterai di Pengaturan > Baterai dan identifikasi aplikasi yang memakan daya baterai terlalu banyak. Anda dapat menutup atau membatasi penggunaan aplikasi tersebut untuk mengoptimalkan kinerja dan masa pakai baterai.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat mengatasi masalah kinerja lemot pada iPhone Anda dan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Namun, jika masalah berlanjut, disarankan untuk menghubungi pusat layanan resmi Apple guna mendapatkan bantuan lebih lanjut.

MG/VanyaAisyNourzaki
(nag)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1792 seconds (0.1#10.140)