Game Moba Lokapala Punya Hero Baru dengan Budaya Nias

Kamis, 22 Juni 2023 - 13:32 WIB
loading...
Game Moba Lokapala Punya Hero Baru dengan Budaya Nias
Terinspirasi budaya Nias, Fahandro merupakan kesatria bertipe Marksman. Cocok bagi pemain yang senang melakukan serangan jarak jauh. Foto: dok Lokapala
A A A
JAKARTA - Game Multiplayer Online Battle Arena ( Moba ) buatan lokal Lokapala berusaha “jualan” budaya Indonesia untuk menarik pemain baru.

Dalam update terbaru game tersebut, ada karakter ksatriya baru yang dibuat berdasarkan budaya suku Nias. Kesatria adalah sebutan karakter yang bisa dimainkan oleh pemain di game Lokapala.

Sebelumnya, ada total 32 kesatria yang ada di dalam game ini. Sehingga, kesatria baru ini akan menjadi karakter ke-33 yang akan memeriahkan Lokapala Moba ini. Kesatria tersebut bernama Fahandro.

Fahandro dari Nias
Game Moba Lokapala Punya Hero Baru dengan Budaya Nias

Terinspirasi budaya Nias, Fahandro merupakan kesatria bertipe Marksman. Cocok bagi pemain yang senang melakukan serangan jarak jauh.

Latar belakang cerita dari Fahandro ini berasal dari salah satu Hoho (syair yang berisi mitos, sejarah, sampai dengan hukum tradisional) yang ada di Nias.

Suku Nias sendiri dipilih karena memiliki keunikan dari segi sejarah, mitologi dan budayanya. Salah satunya budaya tradisional seperti lompat batu (fahombo/lombo batu).

Ritual tersebut diyakini sebagai ritual yang dilakukan oleh seluruh laki-laki suku Nias. Ritual lompat batu tersebut diterapkan di dalam game Lokapala, yaitu pada animasi display dan skill kedua Fahandro yang dinamakan Fahomo Salito atau kemampuan melompat dan memberikan damage kepada lawan.

Atribut Khas Suku Nias

Kesatria Lokapala identik dengan karakter yang memiliki identitas kuat sesuai daerah asalnya. Secara penampilan, Fahandro mengenakan atribut-atribut yang menunjukan ciri khas suku Nias yaitu, baju adat Nias dan dua senjata tradisional Nias bernama Tologu dan Blunderbuss.

Tologu adalah pedang yang diukir dengan gambar Niohosana, yaitu dewa perang dalam kepercayaan Nias kuno. Ujung sarung pedang dihias dengan taring gigi buaya atau babi hutan, bahkan ada juga yang memakai fosil gigi ikan hiu. Tepat di sarung pedang ini ada bola rotan rago.

Bola rotan ini yang dipercaya dapat mengalirkan kekuatan dan kekebalan secara magis untuk si pemilik pedang. Sedangkan Blunderbuss adalah senjata api kuno yang banyak dipakai oleh para prajurit Nias pada abad ke-19.

Dunia (Lore) Fahandro

Inspirasi yang mendasari cerita latar belakang pada dunia Fahandro berasal dari Hoho tentang Ono Mbela. Yaitu kelompok manusia yang berkulit putih dan cantik yang tinggal di atas pohon.

Selain itu, cerita pada dunia ini juga menggambarkan kisah tentang Nadaoya, yaitu kelompok manusia yang memiliki kepala besar yang tinggal di gua-gua.

Untuk menerapkan hikayat dan cerita rakyat ke dalam game Lokapala, tim riset di Anantarupa Studios telah melakukan banyak kajian selama berbulan-bulan. Kajian tersebut kemudian menjadi dasar untuk membentuk cerita, skill, dan mekanik permainan serta tampilan visual karakter tersebut.

Update desain karakter lama
Game Moba Lokapala Punya Hero Baru dengan Budaya Nias

Tidak hanya memberikan ksatriya baru, update kali ini juga memberikan tampilan baru bagi seluruh ksatriya yang ada di dalam game Lokapala ini. Kemudian, skin yang ada dari masing-masing ksatriya ini juga akan diperbarui secara berkala.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1564 seconds (0.1#10.140)