4 Hal Penting yang Harus Dilakukan untuk Mencagah Pembajak WiFi

Rabu, 21 Juni 2023 - 21:02 WIB
loading...
4 Hal Penting yang Harus Dilakukan untuk Mencagah Pembajak WiFi
Ilustrasi WiFi. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Ada empat hal penting yang harus diperhatikan agar tetap aman dari pembajak WiFi. Tips itu dibagikan Brad Freeman, Direktur Teknologi di Senseon, Amerika Serikat.

Menurutnya, ada empat hal yang harus diperiksa oleh empat hal yang harus diperiksa oleh semua pemilik WiFi.

"Ada beberapa alasan mengapa jaringan WiFi yang dikompromikan dapat dikenakan biaya uang tunai yang serius. Yang pertama adalah, bahwa jika peretas dapat masuk ke jaringan WiFi Anda, mereka dapat memata-matai Anda, melepaskan malware, dan mengontrol perangkat Anda," katanya, dikutip dari The Sun, Rabu (21/6/2023).


Tidak hanya itu, para pembajak WiFi juga berpotensi untuk mencuri uang Anda, atau mengambil info pribadi yang cukup untuk menipu dan memeras Anda.

"Orang-orang juga dapat membajak jaringan WiFi Anda dan melewati tunjangan data bulanan Anda, jika Anda memilikinya. Demikian pula, penghuni liar WiFi terdekat dapat menggunakan begitu banyak bandwidth, sehingga jaringan Anda akan menjadi lambat," sambungnya.

Menurutnya, hal itu sebabnya penting untuk memastikan apakah Anda memiliki jaringan Wi-Fi yang aman.

"Tips pertama adalah memastikan Anda menjaga perangkat Anda diperbarui. Pastikan Anda menerapkan tambalan keamanan ke ponsel, tablet, dan komputer Anda secepat mungkin," tambahnya.


Jika Anda memiliki perangkat yang belum diperbarui dalam waktu yang lama, itu pertanda berbahaya. Pembaruan umumnya memperbaiki lubang keamanan yang dapat dieksploitasi oleh cyber-kriminal.

Jadi unduh pembaruan keamanan segera setelah tersedia, biasanya gratis dan instal dengan sangat cepat.

"Tanda peringatan kedua adalah ketika jaringan WiFi Anda masih menggunakan detail login default. Pertimbangkan mengubah kredensial default dari jaringan Wi-Fi rumah Anda," sambungnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2508 seconds (0.1#10.140)