Aplikasi Desain Canva Memperkenalkan Developers Platform untuk Komunitas

Jum'at, 16 Juni 2023 - 07:50 WIB
loading...
Aplikasi Desain Canva Memperkenalkan Developers Platform untuk Komunitas
Canva, platform kolaborasi dan desain grafis gratis dengan 135 juta pengguna aktif bulanan, telah memperkenalkan Canva Developers Platform. Foto/smallbiztrends
A A A
PERTH - Canva , platform kolaborasi dan desain grafis gratis dengan 135 juta pengguna aktif bulanan, telah memperkenalkan Canva Developers Platform. Platform pengembang diluncurkan pada 14 Juni 2023 untuk membangun aplikasi bagi komunitas Canva.

Kunci platform ini adalah Canva SDK, agar pengembang dapat segera mengaktifkan dan menjalankan aplikasi. Canva mengatakan ada lebih dari 11.000 pengembang dalam daftar tunggu untuk SDK (Software Development Kit), yang telah ada dalam versi beta selama sembilan bulan terakhir.

“Platform desain grafis online populer ini mengembangkan perangkat lunak dengan pasar aplikasi, SDK, dan API untuk membangun aplikasi kreatif, alur kerja, dan kolaborasi untuk komunitas Canva,” tulis laman infoworld, Jumat (16/5/2023).



Canva Connect API, yang merupakan REST API untuk menghubungkan aplikasi apa pun dengan Canva. Karena akhir tahun ini, API ini mengotomatiskan proses untuk tim yang menggunakan Canva.

Desain, aset, komentar, dan lainnya dapat disinkronkan, untuk menyederhanakan atau mengotomatiskan alur kerja tim. Juga ditampilkan dalam API ini adalah dukungan untuk kemampuan kecerdasan buatan.

API Aplikasi Canva, yang ditampilkan sebagai bagian dari SDK, menyediakan fungsionalitas seperti menambahkan konten, mengedit desain, mengautentikasi pengguna, dan menyediakan data melalui aplikasi Canva. Pihak Canva mengatakan pembuat kontennya sebanyak 85% pemilik usaha kecil dan selebihnya perusahaan Fortune 500, seperti Zoom dan HubSpot.

Unggulan di aplikasi Canva adalah pengguna antarmuka yang mudah dengan seret dan lepas, kemudian template untuk tujuan seperti presentasi, dokumen, situs web, dan grafik media sosial. Pustaka font juga ditampilkan, bersama dengan ilustrasi, rekaman video, dan klip audio.



Keterangan Canva dari laman resminya menjelaskan cara mengembangkan aplikasi dengan Apps SDK. Disebutkan aplikasi ini adalah plugin yang menambahkan fitur ke Canva yang berjalan di browser dan dibuat dengan teknologi web standar, seperti JavaScript.

“Anda dapat menggunakan Apps SDK untuk membuat aplikasi yang mengimpor konten ke Canva, menambahkan elemen ke desain pengguna, mengotomatiskan tugas desain umum, dan lainnya. Anda kemudian dapat mendistribusikan aplikasi secara publik, melalui Apps Marketplace, atau membagikannya secara pribadi dengan anggota tim Anda,” tulis Canva.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2719 seconds (0.1#10.140)