7 Kebiasaan Buruk yang Membuat HP Lemot, Kenali dan Hindari!

Selasa, 13 Juni 2023 - 20:06 WIB
loading...
7 Kebiasaan Buruk yang Membuat HP Lemot, Kenali dan Hindari!
Kebiasaan buruk yang membuat HP lemot penting untuk dihindari. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah kebiasaan buruk yang membuat HP lemot. Dari sekian banyak, salah satunya adalah sering menunda pembaruan aplikasi
yang disarankan.

Seiring berkembangnya teknologi, tak jarang di antara pengguna yang mengeluhkan ponselnya lemot. Bukan tanpa alasan, HP lemot ini biasanya disebabkan banyak hal.

Salah satunya terkait kebiasaan buruk pengguna yang secara tidak sadar bisa merusak ponsel. Nah, apa sajakah penyebab dari HP lemot karena kebiasaan buruk ini?

Kebiasaan Buruk yang Membuat HP Lemot

1. Sering Menunda Pembaruan Aplikasi

Pembaruan aplikasi menjadi salah satu yang kerap diabaikan pengguna ponsel. Biasanya, mereka menganggap bahwa update atau pembaruan ini hanya menambah ukuran aplikasi saja.

Anggapan tersebut sejatinya kurang tepat. Mengutip GizChina, pembaruan aplikasi memiliki banyak hal penting lain di luar memang adanya penambahan ukuran.

Di antaranya adalah seperti perbaikan bug, peningkatan keamanan, hingga peningkatan kinerjanya ketika digunakan. Maka dari itu, untuk menjaga kinerja ponsel agar tidak lemot, melakukan update atau pembaruan yang dianjurkan sangatlah perlu.

2. Ruang Penyimpanan Habis

Tanpa disadari, ruang penyimpanan ponsel bisa saja penuh. Hal ini dapat terjadi apabila pengguna memasang banyak aplikasi berukuran besar dan melebihi kapasitas penyimpanannya.

Perlu diketahui, ruang penyimpanan yang habis juga bisa menghambat kinerja perangkat. Tak peduli chipset apa pun yang dimiliki ponsel, ketika penyimpanan kelebihan beban, maka performa perangkat pun akan turun.

Sebagai solusi, Anda perlu membersihkan file atau aplikasi yang sejatinya tidak diperlukan. Hal ini akan membantu menjaga kinerja ponsel tetap optimal dan tidak lemot.

3. Membiarkan Cache Menumpuk

Kebiasaan buruk yang membuat HP lemot berikutnya adalah cache. Dalam hal ini, keberadaan cache yang menumpuk juga bisa membuat HP Anda lemot. Untuk itu, pengguna perlu menghapus komponen cache tersebut secara berkala agar tetap memiliki performa perangkat yang optimal.

4. Memasang Aplikasi dari Sumber Tak Resmi

Terkadang, seorang pengguna suka mengunduh aplikasi dari pihak tak resmi. Hal semacam ini bisa mendatangkan masalah keamanan, termasuk ancaman malware terhadap ponsel.

Terlepas dari iklan menyebalkan yang biasa dibawanya, bahaya lain dari malware in i juga bisa membuat baterai boros, hingga menurunkan kinerjanya. Jadi, berhati-hatilah ketika mengunduh aplikasi dari pihak tak resmi.

5. Terlalu Banyak Membuka Aplikasi

Smartphone memang dirancang untuk banyak hal yang membuat penggunanya bisa multitasking. Namun, perlu diketahui bahwa terlalu banyak membuka aplikasi dapat membuat ponsel lemot.

Terlebih pada perangkat yang memiliki spesifikasi pas-pasan. Kebiasaan buruk semacam ini akan semakin memperlambat kinerjanya. Alih-alih bisa multitasking, performanya justru bikin pengguna emosi karena kinerjanya lemot.

6. Terlalu Banyak Widget yang Disematkan

Di luar fungsinya, penyematan banyak widget di beranda juga bisa memengaruhi kinerja ponsel. Maka dari itu, disarankan untuk membatasi jumlah widget di layar utama.


7. Jarang Restart Perangkat

Restart atau memulai ulang perangkat bisa membuat ponsel Anda lebih fresh. Selain itu, opsi ini secara teratur juga akan meningkatkan kinerjanya, sehingga dapat menghindari masalah seperti HP lemot dan sebagainya. Itulah deretan kebiasaan buruk yang bisa membuat HP lemot. Semoga bermanfaat dan dapat menambahwawasanAnda.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5338 seconds (0.1#10.140)