5 Skill yang Belum Bisa Digantikan oleh Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence

Kamis, 25 Mei 2023 - 20:45 WIB
loading...
5 Skill yang Belum Bisa Digantikan oleh Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence
Maraknya penggunaan Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) dalam aktivitas sehari-hari terus berkembang seiring waktu. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Maraknya penggunaan Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) dalam aktivitas sehari-hari terus berkembang seiring waktu. Namun, dalam hal ini terdapat sejumlah skill yang nantinya memang tidak bisa digantikan oleh teknologi tersebut.

Di luar berbagai manfaat yang tersedia, AI juga kerap dianggap menjadi ancaman bagi sebagian pekerjaan di dunia. Kendati demikian, ternyata masih banyak skill atau kemampuan yang sampai saat ini belum bisa digantikan oleh kecerdasan buatan. Berikut di antaranya.


Daftar Skill yang Belum Bisa Digantikan Kecerdasan Buatan

1. Kepemimpinan

Pada dunia kerja, skill berupa kepemimpinan menjadi salah satu yang cukup penting. Hal ini dikarenakan tidak semua pekerja atau karyawan memiliki kemampuan memimpin.

Mengutip laman Analytic Insight, sebuah mesin atau teknologi mungkin bisa melakukan tugas-tugas pekerjaan secara teratur. Namun, mereka tidak bisa memotivasi dan mengarahkan orang lain untuk tujuan bersama.

Hal tersebut yang membuatnya tidak bisa menggantikan skill kepemimpinan yang dimiliki manusia. Terlebih, kemampuan semacam ini sangatlah penting di berbagai bidang seperti politik, bisnis, dan lainnya.

2. Keterampilan Komunikasi

Berikutnya adalah keterampilan komunikasi. Sejumlah mesin AI seperti ChatGPT sejatinya memang tampil komunikatif sebagai chatbot.

Namun, tetap saja mereka adalah mesin. Mereka mungkin bisa menjawab pertanyaan yang diajukan, namun tidak memiliki kapasitas untuk terhubung langsung dengan penggunanya.

Padahal sejumlah pekerjaan seperti konseling, psikolog, dan lainnya benar-benar membutuhkan skill keterampilan komunikasi bagi para kliennya. Tak sekadar menjawab pertanyaan, namun juga bisa membuat orang lain merasa nyaman.


3. Berpikir Kritis

Terlepas dari kemampuan AI yang bisa melakukan analisis data dan menyampaikannya, mereka tidak bisa memiliki keterampilan berpikir kritis layaknya manusia.

Pemikiran kritis tidak hanya didapat melalui ribuan atau jutaan data yang dikuasai, tetapi juga tentang bagaimana menggunakan informasi tersebut untuk menyimpulkan dan mencari solusi terbaik.

4. Kreativitas

Kreativitas yang dimiliki orang memang berbeda. Biasanya, bidang pekerjaan yang membutuhkan skill ini adalah seperti penulis lagu, penulis buku, dan sejenisnya.

Berbeda dengan mesin, manusia memiliki kemampuan berpikir dan membuat keputusan secara bebas atau sesuai dengan visi serta idenya. Hal inilah yang membuat kreativitas sulit digantikan oleh kecerdasan buatan.

5. Manajemen Waktu

Kecerdasan buatan memang bisa diatur untuk bekerja dengan cepat. Namun, mereka tidak bisa memprioritaskan aktivitas atau membagi waktu seperti halnya manusia.

Padahal, sejumlah bidang pekerjaan sangat membutuhkan skill manajemen waktu. Tentunya, akan sulit bagi AI agar bisa menguasai kemampuan tersebut.

Itulah sejumlah skill yang belum bisa digantikan oleh kecerdasan buatan atau AI.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3519 seconds (0.1#10.140)