China Melarang Pembelian Chip Memori dari Perusahaan AS

Selasa, 23 Mei 2023 - 15:12 WIB
loading...
China Melarang Pembelian Chip Memori dari Perusahaan AS
Regulator dunia maya China mengumumkan bahwa pembuat chip memori AS terbesar, Micron Technology, menimbulkan risiko keamanan jaringan. FOTO/ ABC NEWS
A A A
BEIJING - China melarang operator proyek infrastruktur besar di negara itu untuk membeli chip dari perusahaan manufaktur besar milik AS.



Regulator dunia maya China mengumumkan bahwa pembuat chip memori AS terbesar, Micron Technology, menimbulkan risiko keamanan jaringan.

Sehingga mencegah operator infrastruktur besar untuk membeli dari perusahaan tersebut.

Keputusan itu mencakup sektor telekomunikasi, transportasi, dan keuangan.

"Tinjauan tersebut menemukan bahwa produk-produk Micron Technology memiliki risiko keamanan jaringan yang serius dan dapat membahayakan keamanan rantai pasokan infrastruktur informasi penting China termasuk keamanan nasional," kata Administrasi Ruang Maya China (CAC) dalam sebuah pernyataan.

Keputusan itu adalah langkah besar pertama China melawan pembuat chip AS, karena ketegangan meningkat antara Beijing dan Washington beberapa hari setelah kelompok negara G7 melancarkan kritik terhadap praktik perdagangan China.

Pemerintah AS mengatakan negaranya akan bekerja dengan sekutunya untuk menangani masalah pasar chip memori yang disebabkan oleh tindakan China.

"Kami dengan tegas menentang pembatasan yang tidak memiliki dasar nyata.

"Tindakan ini, bersama dengan penggerebekan baru-baru ini yang menargetkan perusahaan AS lainnya, tidak sejalan dengan klaim China bahwa negara itu membuka pasarnya dan berkomitmen pada kerangka peraturan yang transparan," kata juru bicara Departemen Perdagangan AS.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1592 seconds (0.1#10.140)