Bos ChatGPT Sam Altman Penasaran dengan Obat Awet Muda

Jum'at, 19 Mei 2023 - 23:04 WIB
loading...
Bos ChatGPT Sam Altman Penasaran dengan Obat Awet Muda
Bos OpenAI Sam Altman berharap riset terhadap obat awet muda ditingkatkan. Foto: Reuters
A A A
AMERIKA - CEO OpenAI Sam Altman , 38, penasaran untuk mengungkap rahasia anti-penuaan. Anti-aging atau anti-penuaan adalah istilah yang sudah populer, merujuk pada upaya memperlambat atau mengurangi efek penuaan pada tubuh manusia. Istilah ini digunakan secara luas dalam industri kosmetik dan kesehatan.

Menggambarkan produk, perawatan, dan praktik yang bertujuan mengembalikan penampilan dan kesehatan kulit, tubuh, dan organ-organ lainnya yang terkena dampak penuaan.

Sam Altman, yang perusahaannya OpenAI bernilai hampir USD30 miliar (Rp447 triliun), memang sangat peduli pada kesehatan. Ia adalah seorang vegetarian, rajin olah raga, juga mengonsumsi metformin. Yakni, obat diabetes murah yang telah dikooptasi oleh biohacker dengan harapan dapat memperpanjang umur mereka.

Metformin adalah salah satu kelas obat yang disebut “senomorphics”. Yakni, pil yang diklaim bisa mengatasi sel-sel penuaan yang dikenal sebagai sel senescent atau sel tua. Ini adalah sel-sel dalam tubuh berhenti berkembang biak, namun tidak mati. Sel ini disebut juga dengan “sel zombie”.

Rapamycin adalah obat lama lain yang dipelajari para ilmuwan untuk efeknya pada sel zombie. Namun masih belum jelas apakah penargetan dan pemusnahan sel-sel ini adalah sesuatu yang dapat kita lakukan dengan aman.

Sel-sel Zombie

Sel zombie adalah sel yang unik di dalam tubuh. Meski tidak lagi membelah seperti sel normal, mereka masih aktif melepaskan molekul yang dapat memicu peradangan.

Jenis sel ini pada dasarnya tidak buruk. Beberapa sel tua bertindak sebagai mekanisme pertahanan kritis melawan kanker, dan mereka juga dapat berkontribusi untuk penyembuhan luka yang tepat, bahkan membantu perkembangan embrio.

Tetapi seiring bertambahnya usia, sel-sel zombie ini menumpuk di dalam tubuh, dan sekresinya dapat mulai berkontribusi pada sejumlah penyakit yang berkaitan dengan usia, termasuk penyakit jantung, Alzheimer, radang sendi, paru-paru, dan masalah ginjal.

Sel-sel ini telah lama jadi sasaran peneliti yang percaya bahwa menghilangkannya--dengan cara yang tepat--bisa menjadi cara baru untuk memperlambat penuaan.

Sam Altman, serta para ilmuwan percaya nantinya obat-obatan dapat sepenuhnya mengeluarkan sel zombie dari tubuh.

Selain menggunakan kembali obat-obatan lama seperti metformin dan rapamycin - yang merusak sekresi sel zombie - para ilmuwan juga berupaya mengubah obat lain yang ada menjadi kombinasi obat baru yang disebut “senolitik”. Tujuannya untuk mengeluarkan beberapa sel zombie dari tubuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2949 seconds (0.1#10.140)