Tips Bikin Foto Panning Modal HP Rp2 Jutaan, Ini Caranya!

Jum'at, 19 Mei 2023 - 18:12 WIB
loading...
Tips Bikin Foto Panning Modal HP Rp2 Jutaan, Ini Caranya!
Tips bikin foto panning bermodal HP harga terjangkau menarik untuk dipahami. Foto: dok Samsung
A A A
JAKARTA - Foto panning adalah salah satu teknik yang sangat menantang. Termasuk bagi mereka yang hobi fotografi sekalipun. Lebih-lebih dengan kamera HP, yang harganya Rp2 jutaan.

Panning merupakan metode yang biasa digunakan untuk menangkap subjek bergerak cepat dengan latar belakang blur. Ternyata, dengan teknik yang tepat, foto panning tidak perlu dihasilkan lewat kamera profesional. Cukup dengan HP Rp2 jutaan.

“HP Rp2 jutaan saat ini sudah punya fitur mumpuni. Misalnya, Galaxy A14 yang punya 3 kamera dengan kamera utama 50 MP dan memiliki Pro Mode. Ini memudahkan pengguna untuk mengeksplor berbagai teknik fotografi,” beber Ricky Bunardi, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Nah, berikut adalah cara memotret panning menggunakan smartphone:

1. Gunakan Pro Mode
Tips Bikin Foto Panning Modal HP Rp2 Jutaan, Ini Caranya!

Foto panning butuh kemampuan menangkap subjek yang sedang bergerak, dengan mengikuti gerakan subjek sebelum menekan tombol shutter di posisi yang tepat. Pertama-tama, pengguna Galaxy A14 harus mengaktifkan Pro Mode.

Dengan Pro Mode, mereka bisa mengatur berapa ISO dan Shutter Speed sesuai keinginan. Pengguna dapat menggunakan kecepatan shutter rendah antara 1/30 hingga 1/60 untuk mendapatkan efek motion yang ideal.

Pengguna juga bisa mengatur ISO di Galaxy A14 secara manual, mulai 50-3200. Penting untuk menyesuaikan tingkat kecerahan foto sesuai kondisi pencahayaan.

2. Aktifkan Grid Lines dan Fokus
Tips Bikin Foto Panning Modal HP Rp2 Jutaan, Ini Caranya!

Setelah pengaturan itu, aktifkan juga fitur Grid lines. Grid lines dapat membantu memosisikan subjek berada di tengah foto lebih mudah. Pastikan subjek utama tetap dalam fokus. Anda dapat melakukan ini dengan mengunci fokus dengan cara mengetuk area fokus pada layar ponsel atau menggunakan fitur fokus otomatis.

3. Mencoba dan Eksperimen

Bagian paling menantang dari foto panning adalah memastikan bahwa gerakan Galaxy A14 searah dengan gerakan subjek, sehingga subjek tetap tajam sementara latar belakang terlihat bergerak atau blur.

Saat subjek bergerak dari kanan ke kiri, arahkan kamera Samsung Galaxy A14 dan mulailah menggerakkan kamera sesuai arah pergerakan subjek. Usahakan subjek tetap berada di tengah frame, kemudian tekan tombol shutter saat subjek tepat berada pada spot yang kamu inginkan.


4. Jangan Cepat Menyerah

Mengambil foto menggunakan teknik panning memang cukup menantang. Jika berhasil mendapatkan foto yang baik saat percobaan pertama, berarti pergerakan dan pengaturan yang dilakukan sudah tepat.

Namun, jika masih belum mendapatkan hasil terbaik, jangan menyerah dan coba variasikan kecepatan shutter untuk mendapat efek berbeda.

Kecepatan lebih rendah akan menghasilkan latar belakang yang lebih buram, sementara kecepatan tinggi akan menghasilkan latar belakang yang kurang terlihat bergerak.

Galaxy A14 dibanderol Rp2.399.000 (4GB/128GB) dan Rp2.699.000 (6GB/128GB), dengan warna Dark Red, Black,danSilver.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2429 seconds (0.1#10.140)