6 Lokasi Pabrik Samsung di Dunia, Nomor 4 di Cikarang

Rabu, 10 Mei 2023 - 14:27 WIB
loading...
6 Lokasi Pabrik Samsung di Dunia, Nomor 4 di Cikarang
Samsung memiliki pabrik di sejumlah negara di dunia, termasuk di Indonesia. Foto: Reuters
A A A
JAKARTA - Samsung punya banyak pabrik di seluruh dunia. Termasuk di Indonesia. Meski, pusat R&D tetap ada di Korea Selatan.

Faktanya, banyaknya pabrik Samsung tersebar di beberapa negara di seluruh dunia. Dan itu tidak membuat perbedaan kualitas dari negara tempat ponsel tersebut dibuat. Sebab, mengusung standar yang sama.

Samsung tetap mempertahankan standar kualitas tunggal di semua pabriknya.

Ada 6 lokasi pabrik Samsung di dunia, salah satunya terdapat di Indonesia. Berikut 6 lokasi pabrik Samsung di dunia, nomor 4 terdapat di Cikarang:

1. Vietnam
6 Lokasi Pabrik Samsung di Dunia, Nomor 4 di Cikarang

Pabrik ponsel Samsung yang berada di Vietnam terletak di Thai Nguyen. Vietnam menjadi tempat produksi paling banyak bagi produk Samsung. Produksi pembuatan produknya berupa smartphone, tablet, dan perangkat lainnya.

Samsung sedang menambah pabrik dan fasilitasnya di Vietnam guna meningkatkan produksinya. Pabrik yang tersedia sudah memproduksi 120 juta unit per tahun. Sebagian pasokan global Samsung, termasuk untuk pangsa pasarnya seperti dari negara Amerika Utara dan Eropa berasal dari Vietnam.

2. India
6 Lokasi Pabrik Samsung di Dunia, Nomor 4 di Cikarang

Pabrik samsung yang ada di India tidak hanya sekadar pabrik, melainkan menjadi unit manufaktur ponsel terbesar di dunia berdasarkan kapasitas produksi. Samsung telah mengumumkan pada tahun 2017 bahwa mereka akan menginvestasikan USD620 juta untuk menggandakan produksi smartphone di India. Perseroan meresmikan pabrik di Noida, Uttar Pradesh, India pada 2018, dengan kapasitas produksi mencapai 120 juta unit per tahun.

Sebagian besar pasokan Samsung ditujukan untuk pasar India. Hal ini karena India merupakan pasar smartphone paling menguntungkan bagi Samsung. Samsung juga dapat mengekspor smartphone buatan India ke pasar seperti di Eropa, Afrika, dan Asia Barat.

3. China
6 Lokasi Pabrik Samsung di Dunia, Nomor 4 di Cikarang

China menjadi tempat produksi sebagian besar ponsel Samsung Galaxy. Meski, Samsung menutup pabrik ponselnya yang tersisa di China pada 2019. Hal tersebut karena target pasar Samsung turun di bawah 1 persen di negara tersebut.

4. Indonesia

Indonesia menjadi salah satu negara tempat ponsel Samsung dibuat. Salah satu pabrik Samsung terdapat di Cikarang. Pabriknya dibangun di tanah seluas 6.000 m2 dan dapat menyerap tenaga kerja sekitar 972 orang.

Hal Ini menjadi keputusan yang cukup baru oleh perusahaan Samsung untuk mulai membuat ponsel di negara ini. Pabrik Samsung yang ada di Indonesia dibuka pada 2015 dan memiliki kapasitas produksi sekitar 800.000 unit per tahun. Hal tersebut cukup bagi Samsung untuk memenuhi permintaan lokal yang ada di Indonesia.


5. Korea Selatan

Samsung telah mengoperasikan fasilitas manufaktur di negara asalnya Korea Selatan. Dari situlah sebagian besar komponen yang bersumber dari perusahaan saudaranya dibuat. Akan tetapi, pabrik produksi ponsel pintarnya di Korea Selatan menyumbang kurang dari 10 persen untuk pengiriman global. Unit yang diproduksi di sini terutama ditujukan untuk pasar lokal.

6. Brazil
6 Lokasi Pabrik Samsung di Dunia, Nomor 4 di Cikarang

Samsung telah mengoperasikan fasilitas manufaktur di Brasil yang di dirikan pada 1999. Sudah lebih dari 6.000 pekerja dipekerjakan di pabrik Samsung yang telah memasok ponsel cerdasnya ke berbagai negara, salah satunya di Amerika Latin. Brazil juga memiliki pajak impor yang tinggi, produksi lokalnya pun memungkinkan Samsung untuk menawarkan produk-produknya di negara tersebut dengan hargayangkompetitif

MG/Ayu Yunita Rahmawati
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1335 seconds (0.1#10.140)