Serikat Penulis Skenario Hollywood Tolak ChatGPT Bertenaga AI

Kamis, 04 Mei 2023 - 17:17 WIB
loading...
Serikat Penulis Skenario Hollywood Tolak ChatGPT Bertenaga AI
Aksi serikat penulis skenario di Hollywood. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Serikat penulis skenario Hollywood telah lama membayangkan dystopias, di mana mesin memerintah manusia di masa depan. Mereka sekarang mulai khawatir, mesin akan datang untuk mereka lebih cepat.

Ribuan ahli Taurat yang berserikat pun menggelar mogok. Mereka menuntut upah yang lebih baik dan membidik masalah-masalah lain, termasuk munculnya kecerdasan buatan generatif seperti Chatgpt bertenaga AI.

The Writers Guild of America mengatakan, mereka menginginkan studio dan jaringan top Hollywood untuk mengatur penggunaan AI, pada proyek kreatif.



"AI tidak dapat menulis atau menulis ulang materi sastra, tidak dapat digunakan sebagai bahan sumber, dan materi MBA tidak dapat digunakan untuk melatih AI," kata salah satu peserta aksi, dikutip NBC News, Kamis (4/5/2023).

Sayangnya, aksi tersebut mendapatkan tanggapan yang tidak menyenangkan dari Alliance of Motion Picture dan produsen televisi. Mereka tidak bisa menjamin akan memenuhi tuntutan peserta aksi.

Menurut mereka, teknologi ini bergerak sangat cepat dan akan bergerak lebih cepat dari yang dapat diantisipasi, dan itulah sebabnya mereka harus menghadapinya dalam negosiasi ini.



Marc Guggenheim, co-pencipta superhero Arrow dan DC's Legends of Tomorrow mengatakan, sedang mengeluarkan lagu dan tarian lama yang sama, serta menunda keputusan penting tentang pergeseran teknologi besar.

"Secara historis, setiap kali beberapa teknologi baru muncul, studio mengatakan, kami memahami kekhawatiran Anda, tetapi semuanya terlalu baru. Tunggu siklus negosiasi berikutnya," ungkapnya.

Sementara itu, Juru Bicara AMPTP mengatakan, ChatGPT telah menunjukkan bahwa teknologi ini menghasilkan narasi yang meniru konten dan gaya karya yang diterbitkan sebelumnya.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5263 seconds (0.1#10.140)