Kecerdasan Buatan Akan Rebut 300 Juta Pekerjaan Manusia

Minggu, 23 April 2023 - 07:28 WIB
loading...
Kecerdasan Buatan Akan Rebut 300 Juta Pekerjaan Manusia
Kecerdasan buatan manusia diprediksi mengancam 300 juta pekerjaan di dunia. FOTO/ DAILY
A A A
LONDON - Kecerdasan buatan (AI) dapat menggantikan 300 juta pekerjaan penuh waktu, menurut laporan bank investasi Goldman Sachs.



AI bisa menggantikan seperempat pekerjaan di AS dan Eropa, tetapi bisa juga berarti menciptakan pekerjaan baru dan ledakan produktivitas.

Pada akhirnya AI dapat meningkatkan total nilai tahunan barang dan jasa yang diproduksi secara global sebesar 7%.

AI generatif, yang mampu membuat konten identik dengan hasil pekerjaan manusia, merupakan "kemajuan besar", kata laporan tersebut.

Pemerintah Inggris tertarik untuk mempromosikan investasi AI, yang katanya "akan mendorong produktivitas di seluruh perekonomian". Mereka juga telah mencoba meyakinkan publik tentang dampaknya.

"Kami ingin memastikan bahwa AI melengkapi cara kami bekerja di Inggris, bukan mengganggunya - membuat pekerjaan kami lebih baik, bukan menghilangkannya," kata Sekretaris Teknologi Michelle Donelan kepada Sun.

Laporan tersebut mencatat dampak AI akan bervariasi di berbagai sektor. Misalnya pada pekerjaan administrasi dapat diotomatisasi sebanyak 46% dan 44% pada profesi hukum.

Namun, pada sektor konstruksi hanya 6% dan sektor pemeliharaan hanya 4%.

"Hasilnya adalah upah yang lebih rendah, bukan lebih sedikit pengemudi. Selama beberapa tahun ke depan, AI generatif kemungkinan akan memiliki efek serupa pada serangkaian tugas kreatif yang lebih luas".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2256 seconds (0.1#10.140)