Inilah Cuitan Twitter yang Paling Banyak Dibicarakan Warganet di Momen Lebaran 2023

Sabtu, 22 April 2023 - 23:06 WIB
loading...
Inilah Cuitan Twitter yang Paling Banyak Dibicarakan Warganet di Momen Lebaran 2023
Cuitan warganet terhadap topik yang berkaitan dengan Lebaran 2023 meningkat drastis. Foto: Sindonews/Ali Masduki
A A A
JAKARTA - Mulai mudik, keluarga, hingga makanan khas daerah, startup Pacmann melakukan analisis atas 300.000 lebih cuitan warganet di Twitter untuk mengetahui apa saja yang banyak dibicarakan selama momen Lebaran 2023.

Pacmann mengumpulkan cuitan Twitter dengan kata kunci "lebaran", "idulfitri", "idul fitri", dan "hari raya" mulai 8 April hingga 18 April 2023 dan melakukan analisis menggunakan teknik Natural Language Processing untuk memahami sentimen masyarakat terhadap hari raya tersebut dan topik apa saja yang diperbincangkan.

Selama periode itu, lebih dari 311.543 cuitan berhasil dikumpulkan dan dianalisis. Di sisi volume perbincangan, terpantau percakapan harian sejak 8 April hingga 18 April dengan kata kunci tersebut di atas naik secara konsisten.

Khusus pada 17 April 2023, volume cuitan naik signifikan dibanding hari sebelumnya. Yakni, dari 32.735 ke 46.914 cuitan.

Di sisi sentimen, 55 persen memiliki sentimen netral, 28 persen bersifat negatif, dan 17 persen sisanya memuat sentimen positif. Berikut beberapa hasil analisanya:

1. Contoh cuitan dengan sentimen netral:


● Wih dah bikin kue lebaran
● Abis lebaran pls. km kapan pulang
● Selain baju lebaran, mental pun perlu dipersiapkan ya
● Lebaran cari thr bang wkwk
● Persiapan lebaran nder

2. Contoh cuitan dengan sentimen positif:

● Sehat sehat dan selalu diberkahi orang baik
● Alhamdulillah, tahun ini bisa beli kacamata buat lebaran jadi gak ngeblur liat orang, di salamin tapi gak tau yg salam siapa
● alhamdulillah lebaran bisa ngenalin pacar ke ortu
● BERKAH Hp baru di lebaran Alhamdulillah

3. Contoh cuitan dengan sentimen negatif:

● Mau lebaran malah banyak tugas
● semakin dekat ke hari raya malah pengen skip hari raya, rasa nya males ketemu banyak orang dipagi hari. ga ada semangat sama sekali
● taun ini samasekali ga semangat beli baju lebaran
● pesen sandal buat lebaran tapi udh seminggu lebih blm nyampe masih di pengiriman, panik panik panik
● yaallah kenapa sakit selalu menjelang pas lebaran

Mulai Topik Perjalanan hingga Keluarga

Inilah Cuitan Twitter yang Paling Banyak Dibicarakan Warganet di Momen Lebaran 2023

Topik pertama dalam laporan analisis tweets terkait Idul Fitri yang dirilis oleh Pacmann adalah “Perjalanan”. Dalam topik ini, Pacmann menemukan bahwa banyak masyarakat yang memperlihatkan keinginan atau rencana untuk melakukan mudik atau pulang kampung selama masa liburan Idul Fitri.

“Mudik menjadi salah satu momen yang paling dinanti-nantikan oleh banyak orang di Indonesia, sehingga tidak mengherankan jika topik ‘Perjalanan’ menjadi salah satu yang paling populer dalam analisis kami," ujar Bagus Cipto Kusumo, Data Scientist di Pacmann dan Valiance.

Topik selanjutnya dalam percakapan Twitter tentang Idul Fitri adalah “Keluarga”. Ini menandai pentingnya silaturahmi dan pertemuan keluarga selama liburan bagi banyak orang. Mereka merencanakan untuk berkumpul dengan keluarga besar pada Idul Fitri, baik di rumah sendiri maupun di rumah kerabat.



Lalu, topik berikutnya yang didapat dalam analisis percakapan Twitter tentang Idulfitri di Indonesia adalah “Pakaian”. Pakaian baru pada momen Idulfitri telah menjadi tradisi khas bagi masyarakat Muslim Indonesia. Banyak di antara mereka berbelanja pakaian baru sebelum Idulfitri, dan memakainya pada Hari Raya tersebut.

Bagus menyebut, topik-topik seperti “Perjalanan”, “Pakaian”, “Keluarga”, serta “Makanan” menjadi bagian penting dari perayaan Lebaran 2023. “Analisis yang kami lakukan menggunakan teknik NLP (Natural Language Processing) untuk memahami sentimen masyarakat terhadap HariRaya,”ujarnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2617 seconds (0.1#10.140)