Akhiri Kegalauan, Apple Patuh Pasang USB-C di iPhone 15

Kamis, 20 April 2023 - 16:15 WIB
loading...
Akhiri Kegalauan, Apple Patuh Pasang USB-C di iPhone 15
Banyak pihak mendesak Apple agar mengganti slot Lightning Port dengan USB-C. Foto/TOMs Guide
A A A
JAKARTA - Kegalauan Apple mengganti Lightning Port dengan USB-C di ponsel baru mereka, iPhone 15 akhirnya berakhir. Apple akhirnya memilih pasang USB-C setelah adanya desakan peraturan dari beberapa wilayah tertentu.

URedditor melalui akun Twitter menyebutkan Apple telah memproduksi contoh iPhone 15 terbaru pada Maret 2023 lalu. Dari tampilan slot yang ada di bagian bawah iPhone 15 diketahui adalah slot USB-C.

Artinya Apple memang tidak akan lagi membuat Lightning Port yang selalu jadi kebanggaan mereka. "Awalnya memang ada produksi iPhone 15 dengan slot Lightning Port. Hanya saja itu semua sudah dihancurkan," tulis URedditor.

Gizchina menyebutkan awalnya Apple memang berupaya mengambil jalan tengah dengan desakan pemakaian USB-C. Mereka mencoba tetap memproduksi iPhone 15 dengan Lightning Port. Setelahnya mereka melanjutkan produksi iPhone 15 dengan slot USB-C.



Akhiri Kegalauan, Apple Patuh Pasang USB-C di iPhone 15


Apple memang seakan ogah-ogahan mengikuti desakan peraturan yang dikeluarkan oleh Uni Eropa. Pasalnya untuk memasang slot USB-C membutuhkan biaya riset yang tidak sedikit.

"Proses membuat iPhone 15 itu sangat rumit damn perlu persiapan yang matang. Pemasangan USB-C baru-baru ini justru membuat mereka kelabakan," sebut Gizchina.

Apple memang mau tidak mau harus merubah desain iPhone baru buatan mereka dengan USB-C. Pasalnya Uni Eropa, India, dan Brasil sudah meminta Apple untuk melakukan hal itu jika tetap ingin berjualan.



Rata-rata desakan itu dikeluarkan guna menekan tingginya limbah elektronik. Penyamaan slot antara ponsel Android dan iPhone diharapkan mampu berkontribusi pada berkurangnya sampah-sampah berbahaya itu.

Analis teknologi Ming Chi Kuo mengatakan desakan penggunaan USB-C memang tidak bisa diremehkan. Pasalnya saat ini lebih banyak orang memiliki charger USB-C ketimbang charger Lightning Port.

"Akan jadi persoalan yang berbeda jika nantinya Apple justru membuat USB-C yang jauh lebih kuat dibanding yang ada saat ini," tulis Ming Chi Kuo.
(wsb)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1842 seconds (0.1#10.140)
pixels