Cara Cek IMEI Oppo, Pahami Agar Selalu Aman saat Digunakan

Kamis, 20 April 2023 - 11:51 WIB
loading...
Cara Cek IMEI Oppo, Pahami Agar Selalu Aman saat Digunakan
Informasi mengenai cara cek IMEI Oppo masih terbilang penting. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Informasi mengenai cara cek IMEI Oppo masih terbilang penting. Terutama bagi mereka yang masih ragu akan keaslian dari ponsel asal Tiongkok itu.

IMEI merupakan nomor identitas yang berfungsi untuk mengidentifikasi sebuah ponsel. Biasanya nomor tersebut terdiri dari 15 hingga 17 digit angka yang dapat ditemukan pada setiap ponsel, termasuk Oppo.

IMEI menjadi nomor yang sangat penting untuk setiap ponsel. Sebab IMEI juga memuat informasi tentang perangkatnya seperti produsen perangkat, model, merek dan spesifikasi perangkat.



Dikutip dari laman Kementerian Perindustrian, Pemerintah Indonesia telah membuat aturan tentang pengendalian barang elektronik seperti ponsel untuk mencegah produk black market melalui IMEI sejak Agustus 2019.

Salah satu kemungkinan yang terjadi jika IMEI ponsel tidak terdaftar dalam Kemenperin adalah adanya pembatasan fungsi perangkat hingga pemblokiran akses telekomunikasi. Termasuk dalam menggunakan SIM.

Lebih dari itu, IMEI yang tidak terdaftar juga akan beresiko menimbulkan kebocoran data para pemiliknya. Oleh karena itu, mengetahui keaslian nomor IMEI adalah hal yang penting agar ponsel tetap lancar saat digunakan.

Cara Cek IMEI OPPO

Cara cek IMEI Oppo yang paling akurat adalah dengan melihat pada menu settings ponsel.

- Pertama masuk ke menu Settings

- Pilih About atau Tentang Ponsel

- Scroll ke bawah dan pilih Status
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1566 seconds (0.1#10.140)