Bikin Gamer Sehat, PUBG Mobile Tambah Fitur 'Healthy Gameplay System'

Selasa, 21 Juli 2020 - 07:28 WIB
loading...
Bikin Gamer Sehat, PUBG Mobile Tambah Fitur Healthy Gameplay System
Healthy Gameplay System merupakan fitur yang memberikan pengalaman terbaik bagi para penggemar dan komunitas PUBG Mobile di Indonesia untuk bisa menikmati permainan intensif, sekaligus kompetitif secara seimbang serta bertanggung jawab. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PUBG Mobile , game online multiplayer yang populer di Indonesia dan juga di dunia saat ini, menambahkan sebuah fitur terbaru yaitu “Healthy Gameplay System”. (Baca juga: Pembelajaran Online Makin Darurat )

Fitur ini memberikan pengalaman terbaik bagi para penggemar dan komunitas PUBG Mobile di Indonesia untuk bisa menikmati permainan intensif, sekaligus kompetitif secara seimbang serta bertanggung jawab.

Fitur Healthy Gameplay System yang telah di uji coba di India sejak Maret 2020 lalu dan kini hadir di Indonesia, berisikan pesan peringatan terkait lamanya waktu bermain. Kemampuannya juga bisa memberi peringatan kesehatan (health reminder) agar para pemain memberi istirahat yang cukup bagi tubuhnya, serta tidak berlebihan dalam menghabiskan waktu ketika bermain PUBG Mobile.

“Kami memperkenalkan sistem gameplay yang sehat di Indonesia untuk mempromosikan game yang seimbang dan bertanggung jawab, termasuk membatasi waktu bermain untuk pemain di bawah umur," ujar Head of PUBG Mobile eSports Asia Tenggara, Gaga Lie.

Berikut adalah tahapan dalam menggunakan fitur “Healthy Gameplay System” di PUBG Mobile. Pertama, saat login untuk bermain PUBG Mobile di smartphone, fitur Healthy Gameplay System akan muncul dan menanyakan apakah usia calon pemain di bawah 18 tahun.

Calon pemain harus menjawab ‘ya’ atau ‘tidak’, yang kemudian akan diikuti oleh sebuah catatan mengenai hal bermain game yang sehat. Selanjutnya calon pemain akan diminta untuk membaca catatan tersebut secara rinci dan mengkonfirmasi bahwa dia telah mengerti apa yang telah dibacanya.

Fitur Healthy Gameplay System akan bekerja dalam dua sistem pengingat waktu yang berbeda. Pertama, apabila pemain telah bermain selama total 4 (empat) jam dalam sehari, maka pemain yang berusia diatas 18 tahun, dapat terus melanjutkan permainannya. Namun apabila pemain berusia dibawah 18 tahun, maka notifikasi akan muncul selama 5 detik dan mendorong pemain untuk beristirahat sebelum melanjutkan ke permainan berikutnya.

Bagi pemain yang masih ingin melanjutkan permainan, dapat menutup notifikasi tersebut dan notifikasi akan kembali muncul dalam 1 jam ke depan. Kemudian kembali menyarankan pemain untuk beristirahat terlebih dahulu.

Kedua, apabila pemain telah bermain selama total 6 (enam) jam dalam sehari. Bagi pemain yang berusia diatas 18 tahun atau lebih, akan mendapat notifikasi selama 5 detik, yang mengingatkan pemain untuk mengambil waktu istirahat.

Namun apabila dia masih mampu bermain, maka ia dapat menutup notifikasi tersebut dan terus bermain. Notifikasi akan kembali muncul dalam dua jam kedepan dan kembali menyarankan pemain untuk beristirahat terlebih dahulu.

Bagi pemain berusia di bawah 18 tahun, notifikasi akan muncul setiap dua jam mulai dari jam keenam dan seterusnya. Sistem akan meminta pemain untuk beristirahat selama lima belas menit sebelum melanjutkan untuk bermain lagi.

Apabila pemain masuk lagi dalam waktu kurang dari lima belas menit sejak notifikasi peringatan diberikan, maka pemain tidak dapat bergabung dalam permainan. Sehingga mereka harus menunggu hingga 15 menit tersebut usai.

Tujuan dari diaktifkannya fitur “Healthy Game System” adalah untuk memberikan pengalaman terbaik kepada para pemain, juga menunjukkan kepedulian Tencent Game, selaku pengembang game Battle Royale terpopuler saat ini terhadap kesehatan para penggemar dan komunitas PUBG Mobile di Indonesia. Jadi mereka bisa bijak mengatur waktu dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri ketika bermain.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2466 seconds (0.1#10.140)