Tips Bikin Video TikTok dan Reels Menggunakan Galaxy A54 5G

Kamis, 13 April 2023 - 19:05 WIB
loading...
Tips Bikin Video TikTok dan Reels Menggunakan Galaxy A54 5G
Bikin video TikTok dan Reels menggunakan Galaxy A54 5G menarik karena ada banyak fitur yang bisa dioptimalkan. Foto: dok Samsung Indonesia
A A A
JAKARTA - Tips bikin video TikTok dan Reels menggunakan Galaxy A54 5G menarik untuk diulas. Sebab, platform media sosial seperti Instagram dan TikTok telah mengoptimalkan tampilan video vertikal di aplikasi mereka.

” Video vertikal digemari karena pengguna bisa merekam adegan secara lebih mudah dan nyaman tanpa perlu memutar perangkat mereka. Selain itu, konten juga muncul dalam tampilan layar penuh,” ujar MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia Ilham Indrawan.

Karena itu, Ilham mengatakan, pabrikan smartphone juga terus mengikuti keinginan konsumen dengan menyediakan berbagai fitur yang mempermudah mereka merekam video vertikal. Termasuk di ponsel mid-range terbaru Samsung Galaxy A54 5G. Nah, berikut tipsnya:

1. Fokus di Video 1 Menit

Kecuali TikTok, durasi maksimal Instagram Reels dan YouTube Shorts adalah 1 menit. Maka, fokus untuk membuat video vertikal tak lebih dari 60 detik. Langkah-langkahnya: siapkan konsep cerita, syuting, edit dan tambahkan efek, bagikan ke TikTok, Reels, dan Shorts disertai tagar dan deskripsi

2. Wide, Medium, dan Close Up
Tips Bikin Video TikTok dan Reels Menggunakan Galaxy A54 5G

Untuk membuat video sinematik, sudut wide, medium, dan close up sangat penting. Wide angle berguna untuk menunjukkan Anda sedang dimana atau melakukan apa. Medium shot fokus pada apa yang sedang Anda kerjakan. Sementara close up atau portrait dapat memberikan emosi.

Menguasai ketiga hal ini bisa memberi “nyawa” bagi video Anda. Di Galaxy A54 5G, pengguna bisa mengutilisasi formasi triple camera. Yakni 50MP untuk medium (yang paling sering dipakai) dan juga lensa ultra-wide 12MP. Lensa makro 5MP ikut membantu mendapat video portrait yang bokeh.

3. Optical Image Stabilization (OIS)

Musuh video vertikal adalah guncangan. Namun, masalah teknologi Optical Image Stabilization (OIS) selama ini adalah sudut yang sempit karena adanya “frame cropping”. Sehingga susah membuat konten estetik.

Untungnya, Galaxy A54 5G punya sudut OIS lebih lebar dan juga lebih stabil. Ini karena sensor All-Pixel AF 56 persen lebih lebar dibanding pendahulunya.
OIS ini efektif sekali digunakan saat membuat video vertikal bertema traveling, olah raga, atau video lain yang gerakannya dinamis. Dampaknya, video tetap stabil, estetik, serta sinematik.

4. Auto Night dan AI Enhancer

Chipset baru Exynos 1380 yang lebih kencang cukup berdampak dalam pembuatan konten lewat AI enhancer. Saat kamera Galaxy A54 5G mendeteksi pencahayaan minimal, fitur Auto Night otomatis mengubah kamera ke settingan Night Mode.

Juga, saat kita merekam video dengan lebih banyak objek, kamera akan langsung melakukan penyesuaian angle, agar semuanya bisa masuk frame.

Kita juga masih bisa pamer foto malam di Instagram Reels dengan menambahkan lagu yang dramatis lewat Nightography. Nightography memungkinkan pengguna mengatur manual ISO, aperture, dan shutter speed di Galaxy A54 5G. Fitur ini biasa hanya ada di seri flagship seperti Galaxy S23.


5. Mirror Selfie

Karena panel flat depan-belakang, melakukan selfie atau mirror selfie dan membuat video narasi menggunakan Galaxy A54 5G juga terasa lebih tajam dengan selfie camera 32MP. Video selfie jadi konten yang populer dan cepat mendapat atensi tinggi dari netizen jika bisa bercerita dengan menarik serta menyampaikannya dengan seru.

6. Layar 1.000 Nits

Ternyata besarnya kecerahan layar HP semakin penting. Kecerahan layar 1.000 nits milik Galaxy A54 5G membuat kita lebih nyaman untuk syuting di siang hari karena layar HP masih terlihat jelas (tidak buram). Sehingga kita tahu apakah objek sudah fokus, angle yang tidak lurus, dan lainnya.

Galaxy A54 5G dibekali layar Super AMOLED seluas 6,4 inci dengan resolusi FHD+ dan aspect ratio 19.5:9. Sebagai tambahan, HP tersebut mengusung baterai 5.000 mAh dengan pengecasan 25W. Dari hasil pemakaian, ternyata cukup irit.

7. Edit dan Upload Video

Setelah selesai syuting, langkah berikutnya adalah mengeditnya (jika diperlukan). Anda bisa mengedit “cut to cut” di TikTok, atau menggunakan VN, Filmmora, atau Cap Cut untuk video yang lebih rumit.

Kapasitas RAM 8GB dan memori internal 256GB membuat Galaxy A54 5G cocok dijadikan kamera untuk produksi konten. Setelah video selesai dan diunggah, pastikan juga untuk memberikan tambahan seperti audio, sound effect, atau voice over jika diperlukan. Atau, fasilitas lain seperti Filter, Teks (untuk menambah konteks), Draw (menggambar), serta Sticker.

Galaxy A54 5G dibanderol Rp5.999.000 untuk 8GB/128GB dan Rp6.399.000 untuk8GB/256GB.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8277 seconds (0.1#10.140)